Berita Pangkalpinang

Begini Cara Mengakses Inovasi PeDdeKaTe Berkah Disdukcapil Pangkalpinang yang Duduki Puncak KIPP

Darwin mengemukakan, inovasi tersebut sudah berjalan sejak Maret 2021 lalu dan diluncurkan langsung oleh Wali Kota Pangkalpinang, Maulan Aklil

Penulis: Cepi Marlianto | Editor: Novita
Ist/Dokumentasi Disdukcapil Pangkalpinang
Wali Kota Pangkalpinang, Maulan Aklil, berfoto bersama setelah memberikan dokumen kependudukan kepada pasangan pengantin usai menjalankan akad nikah beberapa waktu lalu. Pemberian dokumen secara langsung itu merupakan inovasi PeDeKaTe Berkah dari Disdukcapil Kota Pangkalpinang. 

POSBELITUNG.CO, BANGKA - Pemerintah Kota Pangkalpinang patut berbangga. Inovasi yang diinisiasi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pangkalpinang, masuk Top 10 dan menjadi yang pertama pada ajang Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tahun 2022.

Inovasi tersebut adalah PeDeKaTe Berkah ( Pengantin Dapat KK, KTP-el Beserta Akta Perkawinan dan Buku Nikah).

Sekretaris Daerah Kota Pangkalpinang, Radmida Dawam, mengatakan, inovasi yang dibuat oleh Disdukcapil tersebut saat ini mampu menempati posisi pertama dari Top 10 inovasi KIPP se-Bangka Belitung.

Inovasi tersebut mampu menyabet posisi pertama setelah mengalahkan 46 inovasi dari tingkat provinsi dan kabupaten lainnya yang ikut dalam KIPP.

"Kemarin kita ikut penilaian KIPP di tingkat provinsi. Dari 46 inovasi se-Bangka Belitung, Kota Pangkalpinang masuk top 10 dan menduduki posisi pertama," kata dia kepada Bangkapos.com, Rabu (5/10/2022).

Radmida menuturkan, inovasi ini sangat bermanfaat terutama untuk memberikan pelayanan secara langsung dan menyentuh kepada masyarakat. Inovasi itu mempermudah masyarakat untuk mendapatkan kartu keluarga (KK), kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el), akta perkawinan dan buku nikah.

Inovasi tersebut dibuat untuk mewujudkan visi dan misi Kota Pangkalpinang, yakni Kota Senyum (Sejahtera, Nyaman, Unggul dan Makmur) yang diusung oleh Wali Kota Pangkalpinang, Maulan Aklil dan Wakil Wali Kota, M Sopian.

"Inovasi ini sangat bermanfaat, bahkan menjemput bola dan diantarkan langsung," ucap Radmida.

Di samping itu, lanjut dia, pemerintah kota telah mengirimkan tiga inovasi untuk ikut berlomba dalam ajang KIPP tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada tahun ini. Dari tiga inovasi tersebut, satu di antaranya berhasil menduduki puncak penilaian.

Maka dari itu, pihaknya sangat mendukung serta memperhatikan keberlanjutan inovasi ini. Inovasi itu nantinya akan disempurnakan dari sisi anggaran, supaya imbas yang dirasakan masyarakat juga dapat terasa.

"Kami tahu inovasi tidak bisa sempurna 100 persen, tetapi harus ada pemahaman kepada masyarakat melalui sosialisasi," imbuhnya.

Dapat Tujuh Berkas Sekaligus

Terpisah, Kepala Disdukcapil Kota Pangkalpinang, Darwin, memaparkan, inovasi PeDeKaTe Berkah ini merupakan akronim dari Pengantin Dapat KK, KTP-el Beserta Akta Perkawinan dan Buku Nikah.

Inovasi itu memberikan keteladanan dan mempermudah masyarakat dalam memperoleh dokumen kependudukan setelah menikah, baik bagi muslim maupun non-muslim. Masyarakat dipermudah untuk mendapatkan KK, KTP-el dan akta perkawinan serta buku nikah.

Halaman
12
Sumber: Bangka Pos
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved