Pos Belitung Hari Ini

Ujang Siapkan Putra Babel Jadi Jenderal, KSAD Bakal Promosikan Jadi Danrem

Perintah mencari putera Babel untuk dijadikan jenderal di TNI AD disampaikan Jenderal Dudung saat kunjungan kerja ke Babel beberapa waktu lalu.

Editor: Tedja Pramana
Bangkapos.com/Riki Pratama
Danrem 045/Garuda Jaya Brigjen TNI, Ujang Darwis, bersama Pemimpin Redaksi Bangka Pos, Ibnu Taufik Juwariyanto, dalam program Ruang Tengah di Makorem 045/Garuda Jaya, Selasa (4/10/2022) sore. 

POSBELITUNG.CO, BANGKA - Selain memegang komando teritorial di Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Komandan Korem (Danrem) 045/Gaya, Brigjen TNI Ujang Darwis memiliki misi khusus. Misi tersebut adalah mencari putra daerah Babel yang akan disiapkan menjadi perwira tinggi TNI AD.

Hingga saat ini belum ada putera daerah asal Provinsi Babel yang berkarier di TNI Angkatan Darat (AD) menyandang pangkat perwira tinggi atau jenderal.

Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD), Jenderal TNI Dudung Abdurachman pun sampai meminta Danrem 045/Garuda Jaya Brigjen TNI Ujang Darwis untuk mencari putra daerah Babel yang akan disiapkan menjadi perwira tinggi TNI AD.

Brigjen Ujang mengatakan perintah mencari putera Babel untuk dijadikan jenderal di TNI AD disampaikan Jenderal Dudung saat kunjungan kerja ke Babel beberapa waktu lalu.

"Jadi ceritanya waktu kunjungan kerja Jenderal Dudung, Kepala Staf TNI AD, bertanya langsung kepada Pj Gubernur Babel, dan Kapolda. Di sini siapa putra daerah yang level senior tingkat kolonel, beliau (KSAD Jenderal Dudung -red) akan mempromasikan putera Babel menjadi jenderal agar dapat menjadi Komandan Korem," ujar Ujang saat berbincang dengan Pemimpin Redaksi Bangka Pos, Ibnu Taufik Juwariyanto dalam program Ruang Tengah di Makorem 045/Garuda Jaya, Selasa (4/10) sore.

Ujang mengatakan dirinya memiliki tanggung jawab untuk dapat melahirkan sosok pimpinan TNI AD asal Babel yang mampu dijadikan jenderal nantinya. Sehingga dapat membantu memajukan daerah tempat dia dilahirkan.

"Harapannya tentu yang bersangkutan sudah mengenal daerahnya, yang pasti mempunyai tanggung jawab moral karena bisa membangun daerah sendiri. Tetapi ini masih dalam proses, untuk mencari anak Babel untuk dijadikan jenderal," terangnya.

Ujang yang pernah bertugas di Kopassus mengatakan saat ini Korem telah menyiapkan program jangka panjang untuk dapat menjaring siswa/siswi berpotensi menjadi anggota TNI nantinya.

"Tentu ada jangka panjang, itu tidak instan, perlu dengan pengalaman, seperti kita mencari mana yang terbaik dari siswa tingkat SLTA karena dapat kita lihat, siapa yang masuk TNI sudah mulai kita kerjakan. Mungkin tidak sekarang, tetapi yakin saja, pasti ada putra dan putri Babel menjadi pimpinan TNI," ungkapnya.

Menurutnya, penjaringan dengan melihat potensi siswa di tingkat SLTA, merupakan program jangka panjang. Pihaknya juga meyakini dua hingga tiga tahun ke depan akan lahir pimpinan TNI dari Bangka Belitung.

"Mudah mudahan dalam waktu dua tiga tahun ini ada yang menjadi Jenderal TNI AD berasal dari Babel. Karena saya juga bangga pemimpin yang hebat itu, bisa melahirkan pemimpin yang hebat lagi," harapnya.

Kebijakan Panglima TNI

Ia menambahkan Panglima TNI, Jenderal Andika Perkasa telah merevisi aturan dalam penerimaan calon taruna-taruni TNI 2022. Sejumlah syarat yang diubah yakni terkait batas umur dan tinggi badan.

Kebijakan tersebut didukung oleh Danrem 045/Garuda Jaya Brigjen TNI Ujang Darwis.

Halaman
123
Sumber: Pos Belitung
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved