Berita Pangkalpinang

Pemkot Pangkalpinang Efektifkan Kembali UKS/M, Anggarkan Dana 10 Untuk Kegiatan Lomba Sekolah Sehat

Pemerintah Kota Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung melakukan revitalisasi Usaha Kesehatan Sekolah/Madrasah (UKS/UKM).

Penulis: Cepi Marlianto | Editor: nurhayati
Bangkapos.com/Cepi Marlianto
Sekretaris Daerah Kota Pangkalpinang, Radmida Dawam saat menghadiri rapat koordinasi tim pembina UKS/M Kota Pangkalpinang tahun 2022 di ruang OR Kantor Wali Kota Pangkalpinang, Kamis (6/10/2022). Melalui Rapat Koordinasi Tim pembina UKS untuk mewujudkan Trias UKS berbasis data menuju kota Pangkalpinang tersenyum 

POSBELITUNG.CO -- Pemerintah Kota Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung melakukan revitalisasi Usaha Kesehatan Sekolah/Madrasah (UKS/UKM).

Pasalnya pembelajaran secara tatap muka di sekolah kembali dilaksanakan.

Diakui Sekretaris Daerah Kota Pangkalpinang, Radmida Dawam, selama pandemi Covid-19 sejak tahun 2020 lalu sampai akhir 2021 memang kegiatan yang ada di UKS/M di setiap sekolah terhenti dan tidak ada kegiatan.

Di mana berbagai kegiatan UKS akan dimulai pada tahun 2023 mendatang.

“Hampir dua tahun setengah kita tidak ada kegiatan untuk UKS ini. Tetapi ternyata di sekolah sendiri UKS masih ada dan masih berkembang,” ungkap Radmida kepada Bangkapos.com, Kamis (6/10/2022).

Ia mengatakan, revitalisasi UKS/M ini dilakukan sebagai upaya promosi kesehatan warga sekolah.

Keberadaan UKS/M sendiri meningkatkan mutu pendidikan dan prestasi belajar peserta didik yang tercermin dalam kehidupan perilaku hidup bersih dan sehat. 

Hal ini untuk menciptakan lingkungan yang sehat sehingga dapat menjadikan pertumbuhan dan perkembangan yang optimal.

Satuan pendidikan sendiri perlu memperhatikan kembali kondisi kesehatan anak.

Di mana dengan dilakukan pembinaan langsung dari puskesmas setempat dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan serta Kementerian Agama. Sasarannya yakni yang terlibat yaitu seluruh sekolah TK-SMP, pendidik dan tenaga kependidikan, tim pembina dan pelaksana UKS, orang tua, serta masyarakat.

“Apalagi di saat Covid-19 UKS sangat penting sekali, agar anak-anak didik tidak terkonfirmasi Covid-19. Jadi bagaimana mereka mempersiapkan itu sangat penting sekali,” jelas Radmida.

Di samping itu lanjut dia, untuk menghidupkan kembali fungsi UKS/M dan manfaatnya pihaknya sendiri mewajibkan semua sekolah mengikuti lomba sekolah sehat yang akan digelar pada tahun 2023.

Sekolah peserta lomba UKS diharuskan memenuhi kriteria lomba yaitu, harus memiliki ruang UKS lengkap dengan sarana dan prasarana, menyediakan tempat cuci tangan di tiap kelas dan membuat tahanan jenis obat-obatan di pekarangan sekolah.

Di mana untuk kelengkapan itu bisa dianggarkan melalui dana bantuan operasional sekolah (BOS).

Halaman
12
Sumber: Bangka Pos
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved