Berita Belitung Timur

Ratusan Peserta Meriahkan Fashion Show Batik di Belitung Timur

Bupati Belitung Timur, Burhanudin, mengatakan, pelaksanaan lomba ini sekaligus sebagai ajang melestarikan batik khas Pulau Belitung.

Editor: Novita
Posbelitung.co/Vine Febriani
Peserta fashion show kategori TK-SD di ajang Fashion Show Batik Belitung Timur, Kamis (6/10/2022). 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Upaya promosi dan juga pelestarian kesenian, serta kebudayaan di Kabupaten Belitung Timur terus dilakukan.

Satu di antaranya dengan kegiatan lomba Fashion Show Batik yang digelar dalam rangka memperingati Hari Batik Nasional di Auditorium Zahari MZ, Manggar, pada Kamis (6/10/2022).

Kegiatan ini diikuti oleh pelajar TK, SD, SMP, SMA, hingga Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Bupati Belitung Timur, Burhanudin, menyambut baik pelaksanaan Lomba Fashion Show Batik ini. Dia mengatakan, pelaksanaan lomba ini sekaligus sebagai ajang melestarikan batik khas Pulau Belitung. Yakni berbagai macam motif khas seperti daun simpor, kembang keremunting, dan masih banyak lagi lainnya,

Bahkan batik berbahan alami dengan memanfaatkan tumbuhan yang mudah didapat, ada di Belitung.

"Atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Belitung Timur, saya menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan Lomba Fashion Show Batik ini. Batik Belitung Timur adalah batik dengan motif yang unik dan khas, di mana hampir setiap desa memiliki batik khas dan tekniknya masing-masing," kata Burhanudin kepada Posbelitung.co, Kamis (6/10/2022).

Melalui kegiatan ini, Burhanudin yakin akan menumbuhkembangkan rasa kesatuan dan persatuan, serta mengembangkan kompetensi ibu-ibu dalam bidang fesyen Batik Belitung, serta melestarikan kebanggaan daerah yang memiliki ciri berbeda dengan daerah lain.

Selan itu, kegiatan tersebut juga dapat mendukung pemulihan keuangan dan perekonomian khususnya para perajin batik dan desainer ataupun penjahi), sehingga hasil karya mereka bisa ditampilkan.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Lomba yang juga Kepala Dinas Tenaga Kerja, Koperasi, dan UMKM Belitung Timur, Gustaf Pilandra, menjelaskan, lomba fesyen diadakan untuk menanamkan rasa kebangsaan dan cinta tanah air Indonesia, guna melestarikan ciri khas dan kebanggaan daerah.

"Lomba Fashion Show Batik Belitung Timur ini diikuti oleh peserta fashion show kategori TK-SD sebanyak 105 peserta, SMP-SMA 68 peserta, dan OPD sebanyak 68 peserta," ucapnya kepada Posbelitung.co, Kamis (6/10/2022).

Kegiatan ini juga bertujuan untuk melestarikan batik sebagai budaya Indonesia, khususnya batik yang berasal dari Pulau Belitung, serta menambah wawasan tentang batik sebagai budaya kepada masyarakat Beltim.

Tak hanya itu, menghargai batik sebagai budaya yang sangat bernilai, dan yang paling penting adalah memberikan semangat kepada pelaku UMKM khususnya pelaku usaha batik di Beltim dalam meningkatkan produksinya.

Gustaf merasa bangga karena peserta yang lumayan banyak, terlihat antusiasme masyarakat pada event ini. ( Posbelitung.co/Vine Febriani)

Sumber: Pos Belitung
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved