Berita Belitung Timur

Rayakan Hari Batik Nasional, Enam Batik Belitung Timur Ikut Fashion Show di Auditorium Zahari MZ

Pemkab Belitung Timur mengadakan even Fashion Show Batik Belitung Timur, Kamis (6/10/2022) di Auditorium Zahari MZ

Penulis: vine febriani | Editor: nurhayati
Posbelitung.co/Vine Febriani
Sanggar-sanggar batik yang menjual enam produk batik Belitung Timur yaitu Daun Simpor, Desimpor, Mangrove, Kater, Rumput Telinsing, dan Rembuding, Kamis (6/10/2022). 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG --Pemkab Belitung Timur mengadakan even Fashion Show Batik Belitung Timur, Kamis (6/10/2022) di Auditorium Zahari MZ, Padang, Kecamatan Manggar.

Terdapat enam batik Belitung Timur yang menjual keindahan nilai seninya, di mana batik-batik tersebut dibeli dan diperagakan oleh model-model fashion show pada hari ini.

Menurut Ketua Pelaksana Lomba, selaku Kepala Dinas Tenaga Kerja, Koperasi, dan UMKM Belitung Timur, Gustaf Pilandra, batik di Belitung Timur sekarang ada enam batik yaitu, Daun Simpor, Desimpor, Mangrove, Kater, Rumput Telinsing, dan Rembuding.

Baca juga: TPA Gunung Sadai Sudah Menghawatirkan Hanya Bisa Menampung Sampah hingga Dua Tahun Kedepan

Baca juga: Pengelolaan Sampah di Belitung Baru 20 Persen, Upayakan Berdayakan Pemerintah Desa

Kegiatan ini mewajibkan peserta menggunakan batik produksi Belitung Timur, sehingga penjualan pelaku usaha batik mengalami peningkatan yang luar biasa dalam kurun waktu kurang lebih satu bulan.

"Total batik terjual sebanyak 289, yang mana Batik Daun Simpor laku terbanyak yaitu 90 batik, Desimpor 70 batik, Mangrove 40, Kater 23, Rumput Telingsing 26, dan Rembuding sebanyak 40 batik terjual," jelas  Gustaf kepada Posbelitung.co, Kamis (6/10/2022).

Sanggar-sanggar batik yang menjual enam produk batik Belitung Timur yaitu Daun Simpor, Desimpor, Mangrove, Kater, Rumput Telinsing, dan Rembuding, Kamis (6/10/2022).
Sanggar-sanggar batik yang menjual enam produk batik Belitung Timur yaitu Daun Simpor, Desimpor, Mangrove, Kater, Rumput Telinsing, dan Rembuding, Kamis (6/10/2022). (Posbelitung.co/Vine Febriani)

Gustaf juga menegaskan, seharusnya kita  bangga dengan batik Belitung Timur ini.

Kegiatan ini merupakan langkah awal guna mengembangkan dan memperkenalkan kepada masyarakat bahwa Belitung Timur memiliki produk batik yang kualitasnya tidak kalah dengan produk batik luar.

"Semoga ke depannya para pelaku usaha batik bisa lebih inovatif dan semangat dalam mengembangkan kreatifitasnya terhadap Batik Belitung Timur," harapnya.

Baca juga: Ratusan Peserta Meriahkan Fashion Show Batik di Belitung Timur

Baca juga: Alumni Liga Dangdut 2020 Steven Jordan Setubuhi Anak Dibawah Umur Terancam 15 Tahun Penjara

Pada kesempatan ini, pembatik dari sanggar Mangrove Desa Mekar Jaya, Yanti ikut senang dengan terselenggaranya kegiatan ini.

"Biasanya batik kami sebulan sampai tidak laku sama sekali, tapi dengan adanya kegiatan ini, batik kami bisa dikenal oleh masyarakat, dan sampai kwalahan karena banyak yang order untuk acara ini,"kata Yanti

Tidak hanya Yanti saja, pembatik dari sanggar lainnya juga mengatakan bahwa mereka sangat senang dan bangga, batik mereka bisa dibeli dan diperagakan di even ini. 

Para pembatik juga berharap ke depannya kegiatan ini terus dilakukan, agar batik Belitung Timur bisa terus dikembangkan dan dibanggakan tidak hanya di Belitung Timur saja, tapi di luar daerah juga.

( Posbelitung.co/Vine Febriani)

Sumber: Pos Belitung
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved