Wawancara Khusus

Waspada Bahaya Penyakit Asam Lambung, Pola Makan Kurang Baik hingga Stres Bisa Jadi Pemicu

Asam lambung sendiri merupakan suatu cairan yang diproduksi oleh lambung dan normal dimiliki oleh manusia.

Penulis: Dede Suhendar | Editor: Novita
Posbelitung.co/Dede Suhendar
dr Fathika (kiri0 di program Konter Pos Belitung, Kamis (6/10/2022). 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Banyak orang sering menyepelekan penyakit asam lambung. Bahkan tak jarang ada yang cenderung mengonsumsi obat-obatan tanpa resep dokter, demi mengatasi asam lambung yang sedang kambuh.

Padahal penyakit asam lambung ini adalah penyakit yang berbahaya jika tidak ditangani dengan tepat.

Asam lambung sendiri merupakan suatu cairan yang diproduksi oleh lambung dan normal dimiliki oleh manusia. Asam lambung juga memiliki beberapa fungsi yang bermanfaat membantu proses pencernaan makanan di dalam tubuh.

Namun jika produksi asam lambung pada tubuh melebihi jumlah normal, maka muncullah penyakit yang kita kenal dengan nama GERD atau asam lambung.

Lebih lanjut mengenai asam lambung, dibahas melalui program Konsultasi Dokter )Konter) Pos Belitung bersama dr Fathika Hera Luthfia, Kamis (6/10/2022).

Berikut kutipan wawancaranya :

T : Apa saja yang menjadi gejala dari penyakit asam lambung?

J : Untuk gejala dari asam lambung yang banyak diketahui oleh orang awam, yaitu rasa panas atau terbakar di dada, rasa sesak, perih pada bagian perut, mual dan muntah, rasa pahit di mulut, serta rasa asam saat sendawa.

T : Apa sebetulnya penyebab dari asam lambung?

J : Penyebabnya karena tingkat stres yang tinggi, pola makan dan pola hidup yang kurang baik. Bagi orang yang senang mengonsumsi makanan pedas dan asam, atau mengonsumsi minuman mengandung kafein seperti kopi, teh, minuman beralkohol serta perokok aktif biasanya rentan terkena penyakit asam lambung.

T : Jika dibiarkan begitu saja tanpa penanganan, komplikasi apa saja yang akan terjadi pada penderita penyakit asam lambung?

J : Karena asam lambung bersifat korosif atau merusak, jika terkena organ lain maka akan merusak lapisan-lapisan organ tersebut. Seperti kerongkongan, jika asam lambung naik hingga kerongkongan, lama-kelamaan akan merusak lapisan yang ada di kerongkongan tersebut hingga akhirnya terluka dan menyebabkan pendarahan jika dibiarkan tanpa penanganan.

T:  Kita sering menemui anak kecil yang sudah menderita penyakit asam lambung. Bagaimana pendapat dokter mengenai hal tersebut?

J : Pengaturan pola makan dan pola hidup sehat dibutuhkan untuk penanganan penyakit asam lambung. Kebiasaan masak di rumah juga harus menjadi perhatian, seperti masak makanan pedas dalam intensitas berlebihan, yang akhirnya menjadi faktor risiko anak kecil terkena penyakit asam lambung ini.

Halaman
12
Sumber: Pos Belitung
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved