Berita Pangkalpinang

Operasi Pasar Murah Digelar di Sejumlah Titik, Radmida: Efektif Jaga Laju Inflasi

Operasi pasar murah yang digelar di sejumlah titik di Kota Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung dinilai efektif untuk menekan laju inflasi.

Penulis: Cepi Marlianto | Editor: Tedja Pramana
Bangkapos.com/Cepi Marlianto
Sekretaris Daerah (Sekda) sekaligus Pelaksana Harian (Plh) Wali Kota Pangkalpinang, Radmida Dawam saat melakukan peninjauan pasar murah di bengkel PALAD Kelurahan Rejosari, Jumat (14/10/2022). 

POSBELITUNG.CO, BANGKA - Sekretaris Daerah sekaligus Pelaksana Harian (Plh) Wali Kota Pangkalpinang, Radmida Dawam mengatakan, operasi pasar murah yang dilaksanakan sejak 6 Oktober 2022 kemarin itu dinilai sudah menunjukkan hasilnya.

Menurutnya, operasi pasar murah yang digelar di sejumlah titik di Kota Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung dinilai efektif untuk menekan laju inflasi di daerah itu.

Dimana saat ini laju inflasi di Kota Pangkalpinang sebesar 1,04 persen dengan indeks harga konsumen atau IHK sebesar 112,68. Atau rata-rata perubahan harga dalam suatu periode, dari suatu kumpulan harga barang dan jasa yang dikonsumsi oleh rumah tangga dalam kurun waktu tertentu.

"Sementara ini inflasi sudah mulai turun di Pangkalpinang, karena kami terus mengejar bagaimana penanggulangan inflasi ini," kata dia kepada Bangkapos.com usai melakukan peninjauan pasar murah di Kelurahan Rejosari, Jumat (14/10/2022).

Radmida memaparkan, operasi murah ini memang menjual beberapa barang kebutuhan pokok penting atau bapokting jauh di bawah harga pasar.

Bahkan, ada beberapa komoditas yang dijual dengan harga distributor. Seperti halnya cabai rawit dan bawang merah yang dijual Rp10 ribu dan cabai merah keriting yang dijual Rp15 ribu per bungkus.

Hal itu sebagaimana tujuan dari pasar murah itu sendiri untuk menciptakan keseimbangan di masyarakat. Satu di antara caranya dengan menyediakan sembako dan kebutuhan pokok lainnya dengan harga terjangkau.

"Harganya memang lebih murah, minimal harga distributor untuk semua bahan pokok yang dijual. Ini agar masyarakat bisa terbantu," papar Radmida.

Di samping itu lanjut dia, program pasar murah sendiri sampai hari ini sudah berlangsung di tujuh titik di Kota Pangkalpinang. Sehingga masih terdapat 13 titik lagi program pasar murah sampai 2 November 2022 mendatang.

13 titik itu yakni pada tanggal 17 Oktober 2022 di Halaman Kantor Kecamatan Rangkui. 18 Oktober 2022 di Lapangan Bola Kelurahan Pasir Putih. 19 Oktober 2022 di Taman Mandara. 20 Oktober 2022 di Halaman Kantor Kecamatan Bukit Intan.

21 Oktober 2022 di Halaman Balai Kelurahan Kacang Pedang. 24 Oktober 2022 di Halaman Kantor Kecamatan Gabek. 25 Oktober 2022 di Lapangan Bola SD 16 Kelurahan Pintu Air. 26 Oktober 2022 di Halaman Kantor Kecamatan Pangkalbalam.

27 Oktober 2022 di Jalan depan SMPN 8 Pangkalpinang, Girimaya. 28 Oktober 2022 di Taman Dealova. 31 Oktober 2022 di Terminal Selindung. 1 November 2022 di Lapangan Bola Kelurahan Tuatunu Indah dan 2 November 2022 di Halaman Kantor Wali Kota Pangkalpinang.

"Ayo masyarakat yang ingin belanja murah silakan datang. Ada 20 titik pasar murah yang diadakan oleh Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi dan UMKM Kota Pangkalpinang," sebutnya.

Kendati demikian Radmida berharap, melalui kegiatan pasar murah ini dapat bermanfaat bagi masyarakat dan mereka dapat merasakan membeli kebutuhan dengan harga murah.

Halaman
12
Sumber: Bangka Pos
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved