Berita Lokal

Pelaku Pengedar Uang Palsu di Pangkalpinang Bertambah, Polisi Amankan Ratusan Juta

Satreskrim Polres Pangkalpinang pun terus melakukan pengembangan guna menemukan jaringan peredaran uang palsu

Penulis: Khamelia CC | Editor: Khamelia
(Ist/AKP Adi Putra).
Tim buser Naga Satreskrim Polres Pangkalpinang, saat menangkap pelaku dalam jaringan uang palsu. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Pelaku jaringan peredaran uang palsu di Pangkalpinang kembali bertambah. 

Tak hanya dua pelaku kini Satreskrim Polres Pangkalpinang kembali berhasil menangkap pelaku lain.

Sebelumnya diketahui pada Rabu (12/10/2022) lalu tim unit Tipidter Satreskrim Polres Pangkalpinang, berhasil menangkap AW (36) dan RE (19) di Palembang saat berusaha kabur.

Dengan adanya penangkapan tersebut, Satreskrim Polres Pangkalpinang pun terus melakukan pengembangan guna menemukan jaringan peredaran uang palsu. 

Lebih lanjut kini tim Buser Naga bersama unit Tipidter pun, akhirnya berhasil menangkap pelaku lain berinisial D yang ditangkap di Jakarta pada Kamis (13/10/2022) malam. 

Kasat Reskrim Polres Pangkalpinang, AKP Adi Putra pun mengungkapkan untuk para pelaku, diketahui tak hanya mengedarkan uang di Kota Pangkalpinang namun juga di wilayah Jabodetabek. 

"Ini masih kami dalami, belum bisa kami sampaikan identitas pelaku karena dalam pengembangan. Tim kami bagi dua ke Palembang dan Jakarta untuk melacak komplotan uang palsu yang sangat meresahkan dan merugikan, masyarakat Kota Pangkalpinang," ujar AKP Adi Putra, Jum'at (14/10/2022). 

Lebih lanjut dari informasi yang dihimpun diketahui dalam melakukan serangkaian pengembangan, Satreskrim Polres Pangkalpinang telah mengamankan barang bukti uang palsu dengan nominal Rp 100 ribu dan Rp 50 ribu serta mata uang asing hingga ratusan juta. 

"Kami pastikan untuk barang bukti uang palsu sangat banyak. Nanti kita tunggu keterangan resmi dari Kapolres Pangkalpinang, intinya kami imbau agar masyarakat lebih teliti saat melakukan transaksi karena uang palsu ini kualitas sangat baik, bahkan hanya bisa terdeteksi di Bank," ungkapnya. 

Sementara itu diberitakan sebelumnya Satreskrim Polres Pangkalpinang berhasil membongkar, uang palsu yang beredar dengan pecahan nominal Rp 100 ribu palsu yang berhasil ditemukan. 

"Ini merupakan contoh barang bukti yang kami sita, dari pelaku berupa uang palsu lembaran Rp 100 ribu. Masih ada lagi yang kami sita, dan pelaku sudah kami amankan," ujar AKP Adi Putra. 

Untuk jumlah uang palsu dan sejak kapan pelaku melakukan peredarannya, kini Satreskrim Polres Pangkalpinang masih terus melakukan pengembangan. 

Namun dari barang bukti yang telah diamankan, terlihat ada belasan lembar uang palsu dengan nominal Rp 100 ribu. 

"Uang palsu yang sudah bertebaran di kota Pangkalpinang ini sudah banyak dan meresahkan, uang palsu ini hampir 90 persen mirip. Logo garis benangnya pun ada dan kasar, secara kasat mata dan sepintas wajar kalau masyarakat merasa tertipu dengan uang palsu," ungkapnya.

Halaman
123
Sumber: Bangka Pos
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved