Berita Bangka Tengah

Melihat Budidaya Kepiting Bakau Pakai Sistem Crab Box Apartemen di Bangka Tengah, Ini Kelebihannya

Koordinator UPTD Instalasi Budidaya Ikan Payau Desa Guntung, M Fahrudin, mengemukakan, budidaya tersebut dilakukan untuk penggemukan kepiting bakau.

Penulis: Arya Bima Mahendra | Editor: Novita
Bangkapos.com/Arya Bima Mahendra
Budidaya kepiting bakau menggunakan sistem crab box apartemen di UPTD Instalasi Budidaya Ikan Air Payau Desa Guntung, Koba, Bangka Tengah. 

POSBELITUNG.CO, BANGKA - UPTD Instalasi Budidaya Ikan Payau Desa Guntung, Koba, Bangka Tengah, mem budidayakan kepting bakau menggunakan sistem crab box apartemen.

Ada sekitar 95 boks apartemen yang berada di tempat budidaya kepiting bakau yang baru berjalan sekitar enam bulan lalu itu.

Puluhan wadah plastik berbentuk kotak tersebut tersusun bertingkat dengan rapi di atas tak-rak yang terbuat dari baja ringan.

Tampak pipa-pipa mengalirkan air dari satu wadah ke wadah lainnya. Masing-masing berisi satu ekor kepiting bakau yang sedang di budidayakan.

Koordinator UPTD Instalasi Budidaya Ikan Payau Desa Guntung, M Fahrudin, mengemukakan, budidaya tersebut dilakukan untuk penggemukan kepiting bakau.

"Jadi misal yang awal bobotnya cuma 100-200 gram, setelah masuk ke budidaya sistem box apartemen ini, bobotnya jadi bertambah," kata Fahrudin, Minggu (23/10/2022).

Menurut Fahrudin, ada beberapa kelebihan dari sistem budidaya crab box apartemen dibandingkan dengan sistem budidaya lainnya.

"Salah satunya, yakni kepiting yang dihasilkan jadi lebih gemuk dan dagingnya pun lebih bersih dibanding dengan kepiting yang dihasilkan dari budidaya dengan sistem tambak," jelasnya.

Pasalnya, setiap wadah hanya berisi masing-masing satu kepiting sehingga airnya pun lebih mudah dibersihkan.

Selain itu, air yang digunakan pun bisa lebih hemat karena menggunakan sistem sirkulasi yang bagus.

"Kalau yang di tambak konvensional kan banyak lumpur. Sedangkan kalau sistem box apartemen ini, paling tinggal bersihkan wadahnya saja," ujarnya.

Kemudian, sistem box apartemen ini juga mencegah terjadinya kanibalisme antar sesama kepiting yang biasanya lumrah terjadi pada budidaya sistem tambak.

Masa panen kepiting menggunakan sistem crab box apartemen ini juga terbilang lebih cepat.

"Bisa dibilang sistem ini salah satu yang cukup efektif dan efisien untuk diterapkan oleh masyarakat," terang Fahrudin.

Halaman
12
Sumber: Bangka Pos
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved