Berita Belitung

Persiapan Jelang Pawai di Belitung, Peserta Diminta Tak Tampilkan Atraksi Depan Panggung Kehormatan

Sebanyak 166 tim peserta dari berbagai kategori akan memeriahkan pawai yang sempat tak diadakan selama dua tahun karena pandemi Covid-19 ini.

Penulis: Adelina Nurmalitasari | Editor: Novita
Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari
Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Belitung, Zakina 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Persiapan menyambut pawai bakal dirampungkan menyusul pelaksanaan kegiatan tersebut pada Sabtu (29/10/2022).

Sebanyak 166 tim peserta dari berbagai kategori akan memeriahkan acara rutin yang sempat tak diadakan selama dua tahun karena pandemi Covid-19 ini.

"Ada 12 tim drumben yang ikut serta, tapi tidak ikut penilaian. Selanjutnya, ada 88 tim pejalan kaki dari jenjang SD, SMP, SMA, dan umum. Ada 7 tim sepeda hias, 21 tim motor hias, 32 tim mobil hias, serta dua tim paskibraka dan satu tim pasukan 45," kata Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Belitung, Zakina, Jumat (28/10/2022).

Jumlah tersebut memang menurun dari tahun-tahun sebelumnya yang jumlah peserta bisa mencapai 300 tim. Menurut Zakina, hal ini kemungkinan terjadi karena acara ini juga merupakan pawai perdana pasca pandemi Covid-19.

Ia pun memastikan pawai tahun ini berlangsung dalam satu hari.

Pada hari H pelaksanaan, peserta harus melakukan registrasi ulang pada pukul 11.00 WIB di depan Kantor Bupati Belitung. Selanjutnya, tim peserta akan mulai pawai pada pukul 13.00 WIB sesuai titik kumpul.

Peserta jalan kaki titik kumpulnya di depan Kantor Bupati Belitung Jalan Ahmad Yani, Kecamatan Tanjungpandan. Sementara, peserta sepeda hias berkumpul di Jalan Dr Sutomo, belakang Gedung Serbaguna Tanjungpandan.

Selanjutnya, peserta motor hias berkumpul di Jalan Musa, depan PLN Tanjungpandan. Lalu, peserta mobil hias berkumpul di Jalan Ahmad Yani di depan Kantor Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian.

Selama acara, peserta tidak diperkenankan menampilkan atraksi di depan panggung kehormatan yang berada di depan Kantor Pokja Wartawan Belitung.

Sebagai gantinya, pembawa acara akan membacakan deskripsi dari tema atau penampilan yang ditunjukkan peserta.

"Di panggung kehormatan boleh memberikan suvenir. Atraksi, nanti, silakan sambil jalan, tapi tidak di depan panggung kehormatan," ujarnya.

Nantinya, para peserta akan melewati rute sepanjang Jalan Ahmad Yani, Jalan Diponegoro, lalu ke Jalan Sriwijaya dan Bundaran Satam.

Selanjutnya, peserta akan dibagi. Peserta pejalan kaki bubar di Jalan Veteran, sepeda hias di Jalan Merdeka, motor hias di Jalan Endek, sedangkan mobil hias di Jalan Gegedek arah Tanjungpendam.

Zakina mengatakan, meski selama ini selalu disebut pawai pembangunan, namun mengacu pada suksesnya penyelenggaraan G20 di Belitung, maka pawai tahun ini disebut Pawai Promosi Potensi Pembangunan.

Ia memastikan penyelenggara tetap mengantisipasi acara pawai agar usai sesuai jadwal. Dengan rute perjalanan sekitar 4 kilometer, pawai pun diperkirakan selesai pukul 17.00 WIB. (Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved