Pos Belitung Hari Ini

Jokowi-Biden Gelar Pertemuan Bilateral, Biden Boyong The Beast ke Bali

Presiden AS Joe Bidin menghadiri puncak KTT G20 yang digelar di Bali. Pada kedatangannya ke Bali, Biden membawa limosin antipeluru berjuluk The Beast.

Editor: Novita
Dokumentasi Posbelitung.co
Pos Belitung Hari Ini, Selasa 15 November 2022 

POSBELITUNG.CO, BALI - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden membawa limosin antipeluru yang dijuluki The Beast untuk menghadiri puncak Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20, Nusa Dua, Bali, 15-16 November 2022.

Biden langsung menaiki The Beast setelah turun dari pesawat Air Force One di Terminal VVIP Bandara I Gusti Ngurah Rai, Minggu (13/11/2022) malam. Dia pun dikawal The Secure Package atau iring-iringan mobil pengawal Presiden AS.

Adapun iring-iringan Presiden Biden terdiri dari dua mobil berjenis limosin dan lebih dari 10 unit mobil pengawalan. Padahal Indonesia telah menyediakan mobil ramah lingkungan bermerek Hyundai Genesis G80 sebagai kendaraan resmi para kepala negara yang hadir di KTT G20.

Indonesia sebagai tuan rumah KTT G20 memperbolehkan AS untuk membawa mobil antipeluru sendiri sesuai permintaan dari protokol kenegaraan tamu undangan. The Beast merupakan kendaraan presiden dengan tingkat keamanan super tinggi.

Kaca limosin yang mirip sedan Cadillac CT6 ini berukuran lima inci dan pintu delapan inci sama seperti pintu pesawat komersial. Penampilan sedan bisa membuat orang terkecoh soal dimensinya, tapi sebenarnya The Beast berukuran lebih besar dari SUV atau truk.

Mesin yang digunakan The Beast bertenaga diesel 5.000 cc, ini dipilih lantaran bahan bakar diesel tak mudah terbakar meski pada situasi kondisi sedang baku tembak. The Beast dirancang menggunakan titanium, keramik, dan pelat antibom yang dipasang di bagian bawah.

Limosin dengan berat 15 ribu pound atau sekitar 6,8 ton dibekali fitur seperti run-flat tyre, perlengkapan penglihatan malam hari, suplai oksigen, telepon satelit, dan kode nuklir.

Selain itu The Beast menyimpan golongan darah presiden, lengkap dengan defibrilator dan perlengkapan darurat lainnya. The Beast juga punya alat transportasi sendiri berupa pesawat kargo Globemaster C-17 untuk mengangkutnya kemana pun presiden pergi.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno ditugaskan menyambut langsung Presiden AS Joe Biden di apron Bandara I Gusti Ngurah Rai. Pada kesempatan tersebut, Sandiaga mengucapkan selamat datang dan terima kasih kepada Biden atas kesediaan menghadiri KTT G20.

"Saya mendapat kehormatan dan tugas dari negara untuk menyambut bapak Presiden Joe Biden yang mendarat di Bali malam ini sekitar pukul 21.45 WITA menggunakan pesawat Air Force One," ujar Sandiaga.

"Atas nama pemerintah, bangsa dan rakyat Indonesia kami menyampaikan keinginan untuk lebih banyak kunjungan dan kerja sama sektor pariwisata dan ekonomi kreatif," sambungnya.

Sandiaga juga mengatakan kunjungan wisatawan dari Amerika Serikat beberapa waktu belakangan mengalami peningkatan. Ia pun mengungkapkan harapannya dihadapan Biden agar produk-produk ekonomi kreatif Indonesia semakin diminati, terutama produk fashion, kuliner dan produk kerajinan tangan.

Sandiaga bercerita, sembari berjalan kaki dan disambut tarian Bali, Biden menyampaikan sangat kagum terhadap tarian tersebut.

"Presiden Biden sangat kagum dan dia ucapkan amazing, splendid, wonderful. Sebagai rasa terima kasih dia mengucapkan thank you dan kagum kepada para penari Bali," tukas Menparekraf.

Halaman
1234
Sumber: Pos Belitung
  • Berita Terkait :#Pos Belitung Hari Ini
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved