Breaking News:

Berita Belitung

Belitung Potensial Jadi Destinasi Kapal Pesiar, Ini yang Perlu Disiapkan

Lokasi yang strategis, menjadikan Belitung cocok sebagai pintu masuk bagi cruiser sebelum mengunjungi pulau-pulau lain di Indonesia.

Penulis: Adelina Nurmalitasari | Editor: Novita
Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari
Turis-turis asing saat dijamu Bupati Belitung di Rumah Adat Belitung, Kecamatan Tanjungpandan, Rabu (23/11/2022). 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Rombongan turis dari kapal pesiar yang berangkat dari Singapura singgah di Belitung, Rabu (23/11/2022).

Sempat mampir sekitar lima jam, bule-bule dari berbagai negara ini sempat dibawa mengelilingi Tanjungpandan dan dijamu Bupati Belitung, H Sahani Saleh, di Rumah Adat Belitung.

Tour operator, Yasa, bahkan mengatakan Belitung berpotensi menjadi destinasi wisata bagi pelancong ber kapal pesiar.

Kapal pesiar pertama yang merapat di Belitung melalui Pelabuhan Tanjungpandan tersebut, terbilang berukuran kecil atau kapal ekspedisi berkapasitas maksimal 150 orang.

"Belitung ada kesempatan untuk mendatangkan kapal lebih besar, namun butuh infrastruktur agar bisa menjadi destinasi yang dikunjungi saat weekend," kata Yasa saat ditemui di Rumah Adat Belitung.

Baca juga: Kapal Pesiar Singgah di Belitung, Turis dari Berbagai Negara Keliling Melihat Alam dan Budaya

Lokasi yang strategis, menjadikan Belitung cocok sebagai pintu masuk bagi cruiser sebelum mengunjungi pulau-pulau lain di Indonesia.

Makanya, perlu strategi semua stakeholder agar bisa menjadikan Belitung destinasi wisata kapal pesiar.

Apalagi cruise tour memiliki potensi multiflier effect yang luar biasa, terutama secara ekonomi.

Dengan demikian akan semakin banyak tour guide, transportasi wisata, oleh-oleh, dan tempat makan.

"Saya ke Belitung pertama kali 2006 untuk membuat Belitung sebagai destinasi kapal pesiar, bersyukur hari ini terwujud setelah 16 tahun. Perkembangan di sini bagus, kotanya cantik, tidak terlalu ramai," ucapnya.

Yasa menyebut, kunci menjadikan Belitung sebagai destinasi wisata, yakni dengan menjaga keaslian yang ada.

"Jangan terlalu modern, karena yang modern itu sudah banyak di luar sana, harus mempertahankan keasliannya. Mudah-mudahan kunjungan perdana ini akan ada nantinya," ucap dia.

Sementara itu, Bupati Belitung, H Sahani Saleh, mengatakan kapal pesiar perdana yang berlabuh di Belitung ini juga menjadi pembelajaran untuk menerima kunjungan.

"Walaupun singkat, tapi nyatanya mereka menemukan sesuatu yang baru dan unik, karena di sini dengan budaya, kuliner, dan keindahan alam. Sekaligus ke depan karena dari pertama kali ini ada lagi berikutnya, kekurangan memang pelabuhan kapal-kapal itu," ucapnya.

Setelah informasi mengenai Belitung cocok sebagai rest area dan destinasi bagi kapal cruise, yang selanjutnya menjadi tugas ialah menyiapkan fasilitas pelabuhan agar para pelancong bisa tinggal lebih lama.

Pihaknya pun berencana membangun fasilitas sandar kapal dan lokasi wisata yang representatif bagi kapal wisata dan turis asing di Tanjung Kelayang. ( Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari)

Sumber: Pos Belitung
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved