Berita Pangkalpinang

Molen Pastikan Masjid Agung Kubah Timah Jadi Islamic Center, Upaya Edukasi dan Pembinaan Masyarakat

Wali Kota Pangkalpinang, Maulan Aklil, memastikan Masjid Agung Kubah Timah akan dijadikan sebagai Islamic Center (Pusat Keislaman).

Penulis: Cepi Marlianto | Editor: Novita
Bangkapos.com/Cepi Marlianto
Wali Kota Pangkalpinang, Maulan Aklil. Maulan Aklil memastikan Masjid Agung Kubah Timah akan dijadikan sebagai Islamic Center. 

POSBELITUNG.CO, BANGKA - Pemerintah Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, saat ini tengah membangun Masjid Agung Kubah Timah.

Adapun peletakan batu pertama masjid yang didesain oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil ini, dilakukan oleh Kepala Staf Kepresidenan Republik Indonesia, Jenderal TNI (Purn) Moeldoko pada Jumat (16/9/2022) lalu.

Wali Kota Pangkalpinang, Maulan Aklil, memastikan Masjid Agung Kubah Timah akan dijadikan sebagai Islamic Center (Pusat Keislaman).

Dijadikannya Masjid Agung Kubah Timah sebagai Islamic Center, lanjutnya, untuk menunjukkan muruahnya agama Islam di Kota Pangkalpinang.

Caranya dengan menempatkan kantor Majelis Ulama Indonesia (MUI), Dewan Masjid Indonesia (DMI), Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) hingga Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) di satu tempat.

Tak hanya itu, di kawasan itu pula nantinya akan dijadikan sentra perdagangan di wilayah plaza timur bagi masyarakat Kota Pangkalpinang.

"Nanti di sana ada Islamic Centre, ada BKPRMI, MUI, DMI, saya tempatkan di sana semua. Saya tidak mau sepotong-sepotong, karena tidak kelihatan marwahnya Islam di Pangkalpinang," kata dia kepada Bangkapos.com, Rabu (23/11/2022).

Dijadikannya kawasan itu menjadi Islamic Center, lanjutnya, sebagai upaya pemerintah dalam mengedukasi dan pembinaan masyarakat.

Terutama mengenai ilmu agama Islam, yang fungsinya memfasilitasi kebutuhan masyarakat muslim, beribadah, belajar, berdagang, serta bermusyawarah.

Apabila semuanya sudah dalam satu wadah, tentunya dapat menunjukkan muruah agama Islam di ibu kota Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ini.

Dengan begitu, apabila ada segelintir oknum yang ingin memecah belah kerukunan umat beragama dipastikan tidak akan bisa. Pasalnya semua sudah bersatu dalam satu wadah.

"Jadi kalau ada yang mau memecah belah kita, no way (tidak bisa, red) Pangkalpinang muslimnya menyatu dan kuat di bawah sebuah Masjid Agung Kubah Timah," tegas Molen, sapaan akrab Maulan Aklil.

Masjid Agung Kubah Timah, nantinya bakal menjadi satu-satunya masjid di dunia yang kubahnya berlapis timah.

Masjid tersebut juga dapat menjadi bukti nyata simbol keberagaman umat beragama di Kota Pangkalpinang.

Halaman
12
Sumber: Bangka Pos
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved