Berita Belitung

Jajan Seru di Pusat Jajanan Sriwijaya, Banyak Produk Kuliner yang Menarik Diicip-icip

Pengunjung ramai berdatangan, mampir buat jajan ke stan-stan yang ada di eks SMEP depan Galeri KUMKM, Jalan Sriwijaya, Tanjungpandan.

Penulis: Adelina Nurmalitasari | Editor: Khamelia
Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari
Pengunjung saat jalan-jalan di Pujaya Festival 2022, Tanjungpandan, Kamis (24/11/2022). 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Pengunjung ramai berdatangan, mampir buat jajan ke stan-stan yang ada di eks SMEP depan Galeri KUMKM, Jalan Sriwijaya, Tanjungpandan.

Meski baru dibuka, Kamis (24/11/2022), namun warga Tanjungpandan dan sekitarnya tampak penasaran juga antusias melihat dagangan pelaku UMKM Belitung. 

Beragam kuliner dijual, disusun dalam klaster atau kelompok tertentu. Seperti kopi, jajanan Korea, jajanan kekinian, dan lainnya. Setiap harinya pada 24-27 November ini, pengunjung dapat mencicipi langsung beragam kuliner di Pusat Jajanan Sriwijaya (Pujaya). 

"Saya pikir UMKM yang ikut itu-itu saja, ternyata 30 persen yang ikut ada yang baru. Saya senang lihat ada beberapa inovasi produk yang saya belum pernah lihat dan tidak terpikir, mereka jual," kata Wakil Bupati Isyak Meirobie setelah mengunjungi stan pelaku UMKM. 

Di antara kuliner yang direkomendasikannya ialah mie tiga rasa yang dibuat dari sari buah dan sayur. Juga produk roti celup atau cecal. Isyak pun memuji para pelaku UMKM lokal yang pintar berinovasi dan mencari peluang pasar.

Pujaya Festival Mampau Day ini menjadi satu dari event yang terselenggara dari dana insentif daerah. Di akhir tahun ini, pemerintah daerah melalui OPD terkait masih akan menyelenggarakan dua event serupa. Seperti event Bazar Pelaku Ekonomi Kreatif 2 dan Pujaya Festival.

Sementara itu, Kepala Dinas KUMKM, Perdagangan, dan Tenaga Kerja Kabupaten Belitung Syamsudin menyebut kegiatan-kegiatan yang digelar bagi pelaku UMKM memang diharapkan mampu menstimulasi inovasi sehingga bermunculan produk-produk baru. 

"Secara otomatis ini akan berdampak pada pendapatan mereka," ucapnya.

Sebanyak 55 pelaku usaha yang ikut berjualan di Pujaya Festival memang dibatasi agar produk yang dijual lebih variatif. Pelaku UMKM yang ikut pun diakomodir dari berbagai latar belakang, mulai dari pelaku UMKM yang sudah lama eksis, pemula, serta inovasi dan variasi produk. (Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari) 

Sumber: Pos Belitung
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved