Helikopter hilang kontak

Hingga Sore Tiga Jasad Kru Helikopter Polisi Belum Ditemukan, Kopaska Bantu Pencarian

Sejumlah perbantuan telah didatangkan untuk membantu pencarian badan helikopter dan krunya, seperti personel elite dari TNI AL Komando Pasukan Katak.

Penulis: Riki Pratama | Editor: Tedja Pramana
IST/Polda Babel
Sejumlah serpihan dan barang dari kru helikopter Polri ditemukan tim SAR gabungan. 

POSBELTUNG.CO, BELITUNG - Tiga kru helikopter milik Polri tipe NBO 105 dengan nomor registrasi P-1103 yang dilaporkan hilang kontak di perairan Bangka Belitung pada Minggu (27/11/2022) kemarin, hingga Senin (28/11/2022) sore belum ditemukan.

Tim SAR gabungan baru menemukan satu jasad mekanik teknis Bribda Anam, sementara tiga kru lain Capt Pilot, AKP Arif Rahman Saleh, Co Pilot Briptu Lasminto dan mekanik teknis Aipda Joko M belum ditemukan.

Diketahui helikopter yang dinaiki empat kru itu terbang dalam rangka melaksanakan kegiatan ferry flight dari Polda Kalimantan Tengah menuju Mako Ditpoludara Korpolairud Baharkam Polri.

Kapolda Bangka Belitung, Irjen Pol Yan Sultra melalui Kabid Humas Polda Bangka Belitung, Kombes Pol Maladi mengatakan, hingga sore pukul 16.59 belum ditemukan tiga kru helikopter milik Korps Polairud Baharkam Polri

"Untuk pencarian sendiri, tim gabungan dibantu dengan para nelayan sekitar masih melakukan upaya pencarian terhadap 3 kru lainnya. Terkait lokasi pencarian difokuskan pada dititik diseputaran perairan Burung Mandi," kata Maladi kepada wartawan, Senin (28/11/2022) di Mapolda Babel.

Selain itu, kata Maladi, sejumlah perbantuan telah didatangkan untuk membantu pencarian badan helikopter dan krunya, seperti personel elite dari TNI AL Komando Pasukan Katak ( Kopaska).

"Saat ini tim sudah stanby di Belitung Timur dan akan bergabung bersama tim gabungan. Tim Kopaska datang dari Tanjung Priok menggunakan KRI Teluk Cirebon 543," ujarnya

Ia menambahkan, untuk tim dari Baharkam Polri juga sudah tiba di Belitung, bahkan Kabaharkam Polri datang langsung ke Belitung, bersama pejabat utama Baharkam Polri.

"Untuk dari Polda Babel-nya, wakapolda sudah tiba disana juga bersama beberapa PJU Polda Info terakhir, kapolda juga akan berangkat ke Belitung pada besok Selasa," terangnya.

Diketahui sebelumnya, satu Jenazah Bribda Anam Kru Helikopter Polisi 105/P-1103 ditemukan di Pantai Burung Mandi, Kecamatan Damar, Kabupaten Belitung Timur pada Senin (28/11/2022) pagi.

Kapolda Bangka Belitung, Irjen Pol Yan Sultra melalui Kabid Humas Polda Bangka Belitung, Kombes Pol Maladi mengatakan, dari empat kru helikopter polisi satu ditemukan bernama Bripda Anam.

"Untuk kita ketahui bahwa ada empat awak di dalam helikopter AKP Arif Rahman Saleh Capt Briptu Lasminto, Aipda Joko M dan Bripda Anam. Yang ditemukan jenazahnya telah meninggal dunia Bripda Anam," kata Kabid Humas Polda Bangka Belitung Kombes Pol Maladi, Senin (28/11/2022) di Mapolda Babel.

Ia menambahkan, jenazah Bripda Anam yang ditemukan dalam kondisi utuh menggunakan seragam Polri dan telah dievakuasi ke RSUD Manggar, Belitung Timur.

"Kondisi jenazah utuh, sudah ditemukan dalam keadaan meninggal dunia informasi pada hari ini. Anggota itu berasal dari Baharkam Polri BKO di Polda Kalteng. Untuk tiga kru lainmya masih dalam pencarian, semoga semuanya ditemukan," katanya.

Sejumlah serpihan dan barang dari kru helikopter ditemukan tim SAR gabungan seperti berikut:

1. Long range tank
2. Sandaran kursi bagian belakang
3. Full tank component.
4. Tail boom wracked
5. Tas pribadi
6. Tas pribadi
7. Interior wracked
8. Tail roor wracked
9. Interior wracked
10. Floor wracked
11. Ext wracked (exhanst)
12. Rear set
13. Ext wracked (front)
14. 1 pair shoes
15. Hat
16. Wind shield cover
17. Sandaran kursi
18. Fuel hoses
19. Lower body frame
20. Elt (emergency locator transmitter)

(Bangkapos.com/Riki Pratama)

Sumber: Bangka Pos
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved