TKI

Intip Besaran Gaji TKI Brunei Darussalam yang Bekerja sebagai Kasir, Kurang Setoran Gaji Dipotong

Jika uang setorannya kurang, TKI perempuan ini diharuskan membayar kekurangan tersebut, yang di ambil dari uang tambahan gaji.

Penulis: Fitri Wahyuni | Editor: Tedja Pramana
YouTube MbakNur AG
Intip besaran gaji TKI Brunei Darussalam 

POSBELITUNG.CO - Selain Malaysia, Singapura, Taiwan, dan Hong Kong, Brunei Darussalam juga menjadi salah satu negara di Asia yang menjadi incaran para TKI.

Tentu nominal gaji lah yang menjadi alasan para TKI ini berbondong-bondong memilih bekerja ke luar negeri.

Seperti Nur, seorang TKI perempuan yang menghabiskan waktunya untuk bekerja di Brunei Darussalam.

Melalui kanal YouTube pribadinya, TKI perempuan ini berbagi pengalaman terkait gajinya selama lima tahun bekerja di negara terkecil di Asia tersebut.

TKI perempuan ini menuturkan bahwa setiap bulan ia mendapatkan gaji berupa satu lembar kertas yang tersimpan di dalam amplop putih.

Sementara untuk uangnya sudah di transfer oleh perusahaan tempat Nur bekerja ke ATM TKI perempuan ini.

"Kalau tempat kerja aku itu gajiannya slip kayak gini, ini dalemnya cuma kertas," kata Nur sembari memperlihatkan amplop berwarna putih.

"Trus nanti duitnya itu ngambilnya di ATM, jadi kalau malem itu tanggal gajian cuma di kasih kertas kayak gini," sambungnya.

Pemilik nama lengkap Sulis Nurhayati ini mengatakan bahwa awalnya ia bekerja di Brunei, gajinya hanya sekitar 400 ringgit.

Kemudian setelah tiga bulan bekerja, barulah gajinya naik. Kenaikan itu juga terjadi setelah Nur bekerja selama enam bulan.

Setelah itu barulah gajinya menetap hingga ia selesai kontrak. "Awalnya aku dateng ke sini itu pada tahun 2016, itu basic aku masih 400 ringgit," ujar Nur bercerita.

"Di tempat kerja aku itu kalau nggak salah tiga bulan itu naik 20 ringgit, trus enam bulan kemudian naik lagi 20 ringgit,"

"Habis itu nggak naik sampai habis kontrak. Masuk kontrak kedua itu prosesnya hampir sama, beberapa bulan sekali ada kenaikan," jelas Nur.

Di tahun sekarang, gaji basic atau gaji pokok Nur sudah menginjak angka 500 ringgit.

Halaman
12
Tags
Gaji TKI
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved