Berita Belitung

Empat Hari Bazar Pujaya, Pelaku UMKM Belitung Raup Transaksi Hingga Rp161 Juta

Dalam kurun empat hari, 55 pelaku UMKM yang diikutsertakan mampu meraup transaksi mencapai Rp161 juta. 

Penulis: Adelina Nurmalitasari | Editor: Khamelia
IST/Dok Dinas KUKMPTK
Dinas KUKMPTK Kabupaten Belitung yang menyelenggarakan Bazar Pujaya. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan dan Tenaga Kerja (DKUKMPTK) Kabupaten Belitung telah mengadakan Bazar Pusat Jajanan Sriwijaya (Pujaya) di Eks SMEP Tanjungpandan, 24-27 November 2022.

Dalam kurun empat hari, 55 pelaku UMKM yang diikutsertakan mampu meraup transaksi mencapai Rp161 juta. 

"Selama empat hari, hingga penutupan di Minggu malam tercatat omzet total dari seluruh pelaku usaha yang ikut yakni Rp 161.131.000," kata Kepala Bidang  KUKM Budi Swasta, Selasa (29/11/2022). 

Omzet tersebut, jelasnya, terdiri dari 86 persen dari omzet UMKM pemula dan 14 persen dari omzet UMKM lama. 

Sebelumnya, sebanyak 55 stan pelaku UMKM yang ikut serta dalam bazar terbagi dalam lima klaster. Seperti ada empat stan klaster makanan Korea dan Jepang, klaster kopi yang diikuti delapan pelaku UMKM, dan didominasi klaster jajanan kekinian sebanyak 20 stan. Ada pula klaster mie dan bakso sebanyak enam stan dan 17 stan klaster makanan Nusantara. 

"Anggaran agenda ini bersumber dana DID kinerja sedangkan besaran anggaran sekitar Rp 86 juta," ucap Budi.

Ia juga mengapresiasi semua pihak yang telah mendukung acara ini berjalan sukses dan lancar diantaranya pihak kepolisian, Bank Sumsel Babel Cabang Tanjungpandan serta lintas organisasi perangkat daerah (OPD) yang mendukung pelaksanaan kegiatan tersebut. 

Melalui bazar tersebut, ia berharap dapat menjadi stimulan bagi UKM pemula karena di era digital ini semua produk bisa dimunculkan dan dipasarkan.

Selanjutnya, bazar Pujaya akan digelar kembali pada Desember mendatang. 

Selain itu, di lokasi yang berada di Jalan Sriwijaya, tepatnya di seberang Galeri KUKM tersebut juga memperkenalkan lokasi tersebut, yang akan dibangun kawasan wisata kuliner tematik pusat jajanan pada 2023 mendatang.  Rencananya, pusat jajanan yang dibangun pun akan terhubung dengan jembatan penyeberangan orang dengan pusat oleh-oleh, Galeri KUKM. 

"Kita ingin sosialisasikan juga kepada masyarakat bahwa di lokasi bazar itu nanti akan dibangun foodcourt itu," tuturnya. (Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari) 

Sumber: Pos Belitung
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved