Breaking News:

Berita Belitung

Adukan Masalah Lingkungan Lewat Berasan, DLH Belitung Luncurkan Tiga Aplikasi Inovasi

Pengadu harus memuat informasi data diri seperti nama, alamat, dan nomor telepon yang terhubung dengan whatsapp agar dapat menerima balasan

Penulis: Adelina Nurmalitasari | Editor: Khamelia
Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari
Peluncuran tiga aplikasi DLH Kabupaten Belitung di ruang rapat Pemkab Belitung, Rabu (30/11/2022). 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Belitung baru meluncurkan aplikasi Berasan atau besadu rakyat seputar lingkungan di Ruang Rapat Pemkab Belitung, Rabu (30/11/2022). Melalui aplikasi ini, masyarakat tidak perlu datang ke DLH untuk mengadukan permasalahan terkait lingkungan. Cukup mengunduh aplikasi, memasukkan informasi data diri, dan menyampaikan aduan. 

"Dijamin lebih cepat. Kalau (informasi) sudah masuk, besoknya ditindaklanjuti. Tergantung juga, kalau informasi yang masuk banyak, akan diprioritaskan informasi yang lebih dulu masuk," kata Kepala DLH Kabupaten Belitung, Yasa. 

Ia menjelaskan, pengadu harus memuat informasi data diri seperti nama, alamat, dan nomor telepon yang terhubung dengan whatsapp agar dapat menerima balasan atas informasi yang diberikan. Juga informasi lain seperti lokasi kejadian, dugaan sumber atau penyebab, waktu, uraian kejadian, dan dampak yang dirasakan. Juga menyampaikan penyelesaian yang diinginkan. 

Bukan hanya aplikasi Berasan, dalam peluncuran yang dihadiri oleh Asisten Administrasi Umum Setda Belitung Ita Wahyuni ini juga meluncurkan dua aplikasi lainnya. Seperti aplikasi Pelile'an atau persetujuan lingkungan/teknis secara online dan Petaling atau pelayanan digital laboratorium lingkungan. Ketiga aplikasi ini pun dikembangkan bekerjasama dengan Diskominfo Kabupaten Belitung. 

Aplikasi Pelile'an, jelas Yasa, dapat digunakan perusahaan untuk mengurus perizinan yang masuk dalam kewenangan DLH tingkat kabupaten. Sedangkan aplikasi Petaling dapat digunakan oleh pelaku usaha yang memerlukan pemeriksaan sampel, seperti sampling air. 

"Penggunaan aplikasi ini lebih efektif dan efisien daripada datang langsung ke kantor, ini inovasi kami karena setiap dinas berlomba-lomba untuk berinovasi dalam meningkatkan kinerja," ucapnya. 

Selain peluncuran aplikasi, DLH Kabupaten Belitung juga melakukan sosialisasi penggunaan aplikasi. Dengan demikian, setelah ini, pada 2023 mendatang aplikasi-aplikasi ini dapat digunakan secara masif sesuai keperluan. (Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari) 

Sumber: Pos Belitung
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved