Berita Pangkalpinang

Masa Sanggah Selesai, 31 Pelamar PPPK Nakes Pangkalpinang Dinyatakan Gugur

Fahrizal mengatakan, dari total sebanyak 137 orang pelamar PPPK tenaga kesehatan, 31 orang di antaranya dinyatakan gugur usai masa sanggah.

Penulis: Cepi Marlianto | Editor: Khamelia
TribunStyle.com Kolase/ ssp3k.bkn.go.id
Syarat Umum PPPK / P3K 

POSBELITUNG.CO – Sebanyak 31 orang pelamar calon pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja atau PPPK jabatan fungsional tenaga kesehatan di Kota Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung dinyatakan gugur pada tahap administrasi.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDMD) Kota Pangkalpinang, Fahrizal mengatakan, dari total sebanyak 137 orang pelamar PPPK tenaga kesehatan, 31 orang di antaranya dinyatakan gugur usai masa sanggah. Mereka dinyatakan gugur usai tidak memenuhi syarat yang telah ditetapkan.

“Usai masa sanggah ada penambahan satu orang, jadi total ada 31 orang dinyatakan tidak lulus seleksi administrasi,” kata dia kepada Bangkapos.com, Rabu (30/11/2022).

Fahrizal mengungkapkan, pengumuman masa sanggah sendiri sudah keluar pada tanggal 29 November 2022 kemarin. Bahkan pihaknya sudah mengumumkan melalui surat Pengumuman Nomor : 810/ 195 /BKPSDMD/XI/2022 Tentang Hasil Seleksi Administrasi Setelah Masa Sanggah Penerimaan PPPK Fungsional Tenaga Kesehatan Pemerintah Kota Pangkalpinang Tahun Anggaran 2022.

Diakui dia, sebelum masa sanggah memang terdapat 30 orang pelamar yang dinyatakan tidak lulus seleksi administrasi. Namun, setelah masa sanggah kembali ditemukan satu orang pelamar yang tidak memenuhi persyaratan.

Mulai dari pengalaman dan masa kerja yang kurang dari dua tahun, Surat Tanda Registrasi atau STR tidak sesuai persyaratan, transkrip nilai tidak lengkap hingga dokumen lain yang tidak diunggah.

“Memang sebelumnya terdapat 30 orang yang dinyatakan tidak lulus seleksi administrasi, ternyata terdapat penambahan kembali satu orang pelamar,” jelas Fahrizal.

Di sisi lain sambung dia, dengan begitu pelamar seleksi administrasi calon aparatur sipil negara jabatan fungsional tenaga kesehatan di lingkungan pemerintah Kota Pangkalpinang yang dinyatakan lulus seleksi administrasi juga berkurang. Dari semula sebanyak 107 orang sebelum masa sanggah, kini menjadi sebanyak 106 setelah masa sanggah.

Pelamar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi setelah masa sanggah dinyatakan sebagai peserta seleksi kompetensi. Terdiri atas seleksi kompetensi teknis, seleksi kompetensi manajerial, seleksi kompetensi sosio kultural dan wawancara yang akan dilaksanakan pada Desember 2022 mendatang.

 Yaitu seleksi kompetensi Untuk seleksi kompetensi ini akan dilaksanakan di Unit Pelayanan Teknis (UPT) Badan Kepegawaian Negara (BKN) Kota Pangkalpinang. Dengan menggunakan sistem computer assisted test atau CAT.

“Untuk tes tertulisnya tidak jauh berbeda dengan tes CPNS kita menggunakan CAT. Jadi peserta bisa langsung lihat berapa skor nilainya,” ucapnya.

Oleh karena itu kata Fahrizal, kini sebanyak 106 orang yang mendaftar PPPK tenaga kesehatan harus siap bersaing. Dimana kuota yang dibutuhkan hanya 12 kuota untuk tiga formasi tenaga kesehatan.

Yakni satu kuota untuk formasi ahli pertama apoteker, dua kuota untuk formasi tenaga ahli kesehatan dan ilmu perilaku serta sembilan kuota untuk formasi terampil. Rinciannya terampil bidan sebanyak tiga kuota, terampil perawat empat kuota, terampil pranata laboratorium kesehatan satu kuota serta terampil sanitarian satu kuota.

“Mereka nantinya akan ditempatkan di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas-Red) dan Unit Pelayanan Teknis Daerah (UPTD-Red) laboratorium kesehatan khusus untuk sanitarian,” kata Fahrizal.

Halaman
12
Sumber: Bangka Pos
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved