Berita Belitung

Dinas Perpustakaan Beltim Juara 1 di Babel tentang Pengelolaan Arsip

Dinas Perpustakaan Beltim meraih nilai 80,06 atau kategori memuaskan (A) unggul jauh dari posisi kedua yang ditempati Dinas Perpustakaan Belitung.

Penulis: Bryan Bimantoro | Editor: Tedja Pramana
Ist/Dispus Beltim
Hasil penilaian LAKE 2022 tersebut diberikan langsung oleh Kepala Dinas Perpustakaan Provinsi Babel, Rakhmadi di Hotel Puncak Pangkalpinang, Rabu (30/11/2022). 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Dinas Perpustakaan Kabupaten Belitung Timur berhasil menjadi juara satu di se-Bangka Belitung dalam hasil Laporan Kearsipan Eksternal (LAKE) tahun 2022.

Laporan itu menggambarkan bagaimana Dispus mengelola arsip-arsip eksternal dengan baik.

Dinas Perpustakaan Beltim meraih nilai 80,06 atau kategori memuaskan (A) unggul jauh dari posisi kedua yang ditempati Dinas Perpustakaan Belitung yang mempunyai nilai 63,34 dengan kategori baik (B).

Sementara lainya masing-masing diisi oleh Kabupaten/Kota Bangka Tengah, Bangka, Bangka Barat, Pangkalpinang dan Bangka Selatan.

Kepala Dinas Perpustakaan Belitung Timur, Mudiarsono bilang, penghargaan ini merupakan apresiasi yang diharapkan dapat memotivasi mereka untuk bekerja lebih baik ke depannya.

"Kita berharap dengan pencapaian ini bisa menambah motivasi untuk mengelola arsip lebih baik lagi agar terselamatkan bukti akuntabilitas penyelenggaraan pemerintahan serta menjaga memori kolektif bangsa di lingkungan Pemerintah Kabupaten Belitung Timur," katanya kepada posbelitung.co, Kamis (1/12/2022).

Sementara itu, Sekretaris Dinas Perpustakaan Kabupaten Belitung Timur, Robby Yanuar berharap dengan penghargaan kearsipan ini dapat menjadi pemantik untuk menghidupkan arsip selama ini terlupakan dan tersepelekan.

"Tidaklah mudah untuk memperoleh pencapaian ini dibutuhkan kerjasama tim dan kerja keras bersama dalam pengelolaan arsip yang baik dan sesuai peraturan perundang-undangan," kata Robby.

Senada dengan hal tersebut, Kepala Bidang Kearsipan Dinas Perpustakaan Belitung Timur, Maryono meminta seluruh OPD di lingkungan pemerintah Kabupaten Belitung Timur untuk lebih memperhatikan penataan arsip yang dimulai dari penciptaan, pemberkasan, penyimpanan sampai kepada penyusutan arsip, Karena berpengaruh kepada akuntabilitas kinerja Pemerintah Kabupaten Belitung Timur.

(Posbelitung.co/Bryan Bimantoro)

Sumber: Pos Belitung
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved