Angin Puting Beliung Hantam 29 Rumah Warga di Belitung Timur, BPBD Langsung Berikan Paket Bantuan

Angin puting beliung menghantam 29 rumah di Desa Cendil, Kelapa Kampit, Belitung Timur, Sabtu (3/12/2022) sekitar pukul 13.20 WIB.

Penulis: Bryan Bimantoro | Editor: M Ismunadi
Istimewa/Tagana Beltim
Petugas saat mendata rumah warga yang terdampak angin puting beliung di Desa Cendil, Kelapa Kampit, Belitung Timur, Sabtu (3/12/2022). Sebanyak 29 rumah dilaporkan terdampak peristiewa tersebut. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Angin puting beliung menghantam 29 rumah di Desa Cendil, Kelapa Kampit, Belitung Timur, Sabtu (3/12/2022) sekitar pukul 13.20 WIB.

Dilaporkan 29 rumah rusak ringan hingga berat akibat fenomena alam tersebut.

Koordinator Tagana Beltim Mahroni Hidayat mengatakan informasi awal didapat dari warga di sekitar lokasi kejadian sekitar pukul 12.30 WIB angin bertiup kencang dari arah barat daya Desa Cendil menuju ke arah pemukiman warga.

"Beberapa saat kemudian angin sampai ke pemukiman dan menerbangkan atap rumah-rumah warga serta menumbangkan pohon-pohon sekitar. Ada 29 rumah terdampak dan satu fasilitas publik yakni GOR desa," kata Hidayat kepada posbelitung.co, Sabtu.

Baca juga: Operasi SAR Helikopter NBO-105/P-1103 Diperpanjang, Keluarga Berharap Jenazah Ketemu

Tim Gabungan yang terdiri dari Tagana Beltim, BPBD Beltim, Ksb Capas Desa Cendil, Polsek Kelapa Kampit, Koramil Kelapa Kampit, Satgas Pramuka Peduli, dan aparat Desa Cendil langsung mendata korban terdampak di area kejadian.

Dari data yang didapat di lapangan pemukiman yang paling terdampak yakni di RT 6 Dusun Cendil karena banyak atap rumah dan pohon yang tumbang di sana. Meski demikian, jumlah kerugian belum bisa ditaksir karena masih diperlukan pendataan lebih lanjut.

"Puluhan paket bantuan juga sudah diberikan oleh BPBD Beltim kepada para korban terdampak. Sembari menunggu perbaikan rumah, mereka tidur di rumah tetangga atau saudaranya. Semoga kejadian ini tidak terulang," harapnya. (Posbelitung.co/Bryan Bimantoro)

Sumber: Pos Belitung
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved