Helikopter hilang kontak

KRI Spica Deteksi Objek Diduga Helikopter yang Jatuh, Ternyata Hanya Karang

KRI Spica 934 milik TNI-AL menjadi satu diantara yang terlibat dapat pencarian kru dan bangkai helikopter di hari kesembilan ini.

Penulis: Disa Aryandi | Editor: Tedja Pramana
Tribun Jateng
KRI Spica 934 TNI AL. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Pencarian Helikopter NBO 105 nomor register P-1103 berikut pilot AKP Arif Rahman Saleh masih terus dilakukan Tim SAR Gabungan pada Senin (5/12/2022).

KRI Spica 934 milik TNI-AL menjadi satu diantara yang terlibat dapat pencarian kru dan bangkai helikopter di hari kesembilan ini.

KRI yang memiliki scan sonar pendeteksian benda-benda logam di bawah air itu, pada operasi SAR hari ini sempat mendeteksi objek yang diduga helikopter yang jatuh.

Tim selam dari TNI-AL sempat melakukan penyelaman di area tersebut. Namun usai dilakukan pengecekan secara detail objek yang dicurigai tersebut berupa karang.

"Dari data yang sudah didapat dari kapal TNI AL, memang menemukan beberapa objek, tetapi setelah dipastikan dengan tim selam turun menuju dasar laut, yang ditemukan berupa karang-karang laut yang ternyata memang bukan badan pesawat," kata Ketua Pelaksana SAR Helikopter NBO-105/P-1103, Kombes Pol Drs Hendrawan kepada wartawan, Senin (5/12/202).

Operasi SAR gabungan dengan melibatkan berbagai unsur, pada hari kesembilan telah dimaksimalkan. Namun hingga sore ini belum ditemukan baik pilot maupun bangkai helikopter Polri tersebut.

"Baik pencarian yang dilakukan di atas permukaan air maupun di bawah permukaan air dan dibantu oleh KRI dengan peralatan sonar pengindaraan dibawah laut," ucapnya .

Lantaran Selasa besok merupakan hari terakhir operasi SAR Gabungan, lanjut Hendrawan, Tim SAR tetap akan berupaya memaksimalkan pencarian.

Terhadap intensitas pencarian akan dinaikan, baik pengindaraan menggunakan KRI Spica dan peralatan lain.

"Tentunya pencarian dibawah laut akan lebih cermat lagi. Area yang belum disapu (pantau) akan kami sapu kembali, dan akan kami cek kembali, sampai nanti ditemukan objek. mudah-mudahan besok ada titik terang yang di dapat," katanya.

(Posbelitung.co/Disa Aryandi)

Sumber: Pos Belitung
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved