Helikopter hilang kontak

Pencarian Pilot Helikopter NBO105/P-1103, Optimalkan KRI Spica dan KM Anisa Jaya

Dua kapal ini beroperasi di perairan Manggar hingga Pulau Buku Limau, Kabupaten Belitung Timur dengan menggarap titik-titik tertentu.

Penulis: Disa Aryandi | Editor: Tedja Pramana
Posbelitung.co/Disa Aryandi
Penyelam tim SAR gabungan pencarian Helikopter NBO 105/P-1103 bersiap melakukan penyelaman. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Tim SAR gabungan mengandalkan KRI Spica 934 milik TNI-AL dan KM Anisa Jaya untuk pencarian keberadaan helikopter NBO 105 nomor register P-1103 serta pilot, AKP Arif Rahman yang jatuh di perairan Belitung Timur, Senin (5/12/2022).

Diketahui KRI Spica memiliki peralatan elektronik scane sonar dan KM Anisa Jaya menggunakan sonar portabel.

Dua kapal ini beroperasi di perairan Manggar hingga Pulau Buku Limau, Kabupaten Belitung Timur dengan menggarap titik-titik tertentu.

"Jika ada benda yang mencurigakan, maka akan langsung dilakukan penyelaman. Sampai hari ini (hari ke sembilan pencarian) belum ada ditemukan baik pilot maupun badan pesawat," kata Kepala Kantor SAR Pangkalpinang, I Made Oka Astawa kepada wartawan, Senin (5/12/2022).

Tim SAR gabungan masih terus berupaya melakukan pencarian terhadap helikopter tersebut. Berbagai peralatan dan armada yang ada masih terus dikerahkan ke laut.

"Termasuk penyelaman juga kami turunkan sejak tadi pagi. Itu ada 10 titik yang akan diselami, dengan 30 orang penyelam," ucapnya.

Sepuluh titik penyelam tersebut tersebar di antara perairan Manggar Belitung Timur hingga ke perairan laut Buku Limau.

"Tim selam ini melakukan survei, jika ada benda yang ditemukan maka akan ada bantuan dari darat," ujarnya.

Sebelumnya, helikopter NBO-105/P-1103 jatuh di perairan Belitung Timur pada Minggu (27/12/2022). Pada musibah itu ada empat orang kru helikopter menjadi korban.

Keempat kru tersebut yakni Bripda Muhammad Khoirul Anam, Briptu Muhammad Lasminto, Aipda Joko Mudo. Tiga kru Helikopter itu sudah ditemukan dalam kondisi meninggal dunia.

Sedangkan untuk pilot helikopter, AKP Arif Rahman Saleh hingga kini belum ditemukan.

(Posbelitung.co/Disa Aryandi)

Sumber: Pos Belitung
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved