Berita Belitung

Dukung Perlindungan Pemenuhan Kebutuhan Disabilitas, Wabup Belitung: Harus Dibuat Perda

Bahkan di negara seperti Singapura upaya memberikan kenyamanan bagi disabilitas dilakukan dengan pemberian tindakan tegas.

IST/Dok Prokopim Setda Belitung
Wabup Belitung menghadiri peringatan hari Disabilitas Internasional di Gedung Serbaguna Pemkab Belitung, Rabu (7/12/2022). 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Wakil Bupati Belitung, Isyak Meirobie mendukung pemenuhan kebutuhan disabilitas melalui penyediaan fasilitas dan sarana prasarana dalam fisik bangunan.

Hal tersebut dalam menunjang aksesibilitas para disabilitas dalam mengakses tempat umum seperti kantor pemerintahan, hotel, dan tempat umum lainnya.

Dalam kegiatan peringatan Hari Disabilitas Internasional di Gedung Serbaguna Pemkab Belitung, Rabu (7/12/2022), Isyak mengatakan, pemenuhan aksesibilitas bagi disabilitas harus dibuat dalam peraturan daerah. Dengan demikian pihak yang melanggar dapat dikenakan sanksi.

"Tidak cukup di undang-undang, harus ada turunannya. Nanti ada perbup agar bisa tindak," ujarnya.

Menurutnya, bahkan di negara seperti Singapura upaya memberikan kenyamanan bagi disabilitas dilakukan dengan pemberian tindakan tegas.

Lama kelamaan barulah orang-orang memiliki perhatian kepada disabilitas, lalu dapat menjadi budaya.

"Tidak bisa mengharapkan orang punya moralitas tinggi melakukan, itu lama," ujarnya.

Dalam pendidikan anak berkebutuhan khusus, ia juga berharap agar guru dan tenaga pendidik dapat mendidik para siswa agar memiliki karakter, moralitas, dan etika yang baik.

Di samping skill atau keterampilan sebagai bekal anak berkebutuhan khusus di masa depan.

Isyak menyebut, bahwa yang dibutuhkan oleh anak berkebutuhan khusus bukanlah rasa kasihan, tapi kesempatan dan diperlakukan dengan pantas dan layak.

Makanya ia pun mengapresiasi UMKM dan pelaku ekonomi kreatif yang kini melibatkan orang berkebutuhan khusus.

(Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari)

Sumber: Pos Belitung
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved