Berita Belitung

Bazar Belitung Kreatif 2 Berakhir, Pelaku Ekraf Kumpulkan Lebih Dari Rp800 Juta dalam Lima Hari

Acara yang digelar selama lima hari pada 3-7 Desember ini kembali mencatatkan transaksi fantastis yakni lebih dari Rp800 juta.

Pos Belitung/Adelina Nurmalitasari
Kepala Bidang Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata, sekaligus pemilik sanggar tari Dian Praja Wiwih Widaningsih 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Bazar Belitung Kreatif 2 yang berlangsung di Pantai Wisata Tanjungpendam berakhir pada Rabu (7/12/2022) malam.

Acara yang digelar selama lima hari pada 3-7 Desember ini kembali mencatatkan transaksi fantastis yakni lebih dari Rp800 juta.

Ketua Pelaksana Bazar Belitung Kreatif 2, Wiwih Widaningsih mengatakan omzet total seluruh pedagang tak jauh berbeda dibanding gelaran pertama pada pertengahan November lalu. Namun kali ini, omzet sedikit menurun lantaran faktor cuaca.

"Kalau bazar pertama omzet tembus Rp892.951.500 dan pengunjung Tanjungpendam sebanyak 15 ribu pengunjung. Sementara bazar kedua ini perkiraan total, karena belum semua laporan masuk, itu sekitar Rp862.119.375 dengan jumlah kunjungan sekitar 14,5 ribu orang," katanya.

Wiwih menjelaskan, selama dua kali gelaran bazar, antusiasme para peserta dari pelaku ekraf yang berjualan pun luar biasa. Dari 150 stan yang disiapkan, jumlah peserta yang mengikuti bazar pun sebanyak 170 peserta, yang mana dalam satu stan bahkan ada dua penjual.

Ditambah lagi dengan penjual yang bersepeda motor sebanyak 19 peserta dan 4 penjual yang menggunakan mobil. Makanya, Wiwih pun berharap bazar ini dapat kembali diadakan di tahun berikutnya.

"Bazar ini sangat diminati pelaku ekonomi kreatif, kalau nanti ada DID (dana insentif daerah) lagi, kami siap melaksanakannya," ucap dia.

Sementara itu, Bupati Belitung, H Sahani Saleh pun mengapresiasi tingginya antusiasme para pedagang dan transaksi yang bernilai fantastis. Apalagi hal tersebut juga menandakan acara tersebut memberikan dampak perputaran ekonomi daerah.

Tidak hanya itu, pria yang akrab disapa Sanem ini juga mengatakan bahwa bazar tersebut diadakan untuk memacu kreativitas UMKM, khususnya pelaku ekraf di masa mendatang.

"Memang kami harapkan semakin banyak wirausaha yang mampu mengembangkan ekonomi," tuturnya.

(Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari)

Sumber: Pos Belitung
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved