Berita Pangkalpinang

Sempat Dihentikan Akibat Tragedi Kanjuruhan, Asprov PSSI Babel Terima Kabar Liga 3 akan Digelar Lagi

Sebelum tragedi Kanjuruhan, Asprov PSSI Bangka Belitung telah membuka pendaftaran dengan rencana kompetisi akan digelar pada pertengahan Oktober 2022.

Penulis: Deddy Marjaya | Editor: Novita
Bangkapos.com/Deddy Marjaya
Ketua Asprov PSSI Bangka Belitung, Mintra Jaya 

POSBELITUNG.CO, BANGKA - Ketua Asosiasi Provinsi Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (Asprov) PSSI Bangka Belitung Mintra Jaya telah mendapatkan informasi dari PSSI tentang akan digulirkannya kembali Liga 3 Indonesia di masing-masing provinsi.

"Kita sudah dapat informasi dari PSSI untuk segera menggelar Liga 3 di masing-masing provinsi yang digelar oleh Asprov," kata Mintra Jaya yang akrab dipanggil Akwen, Kamis (8/12/2022).

"Namun untuk surat resminya masih menunggu, karena PSSI masih melakukan rapat dengan Polri terkait pengamanan. Kemungkinan hari ini surat dari PSSI akan dikirimkan," imbuhnya.

Selanjutnya, setelah menerima surat resmi dari PSSI mengenai penyelenggaraan Liga 3 Indonesia, pihaknya akan langsung mengirimkan pemberitahuan resmi ke klub-klub anggota Asprov PSSI Bangka Belitung, sekaligus menginfomasikan agar mendaftarkan atau mendaftarkan ulang.

Hal ini mengingat, beberapa waktu lalu ada klub yang telah mendaftarkan diri untuk mengikuti Liga 3 Bangka Belitung, sebelum seluruh kompetisi sepak bola di Indonesia dihentikan akibat kerusuhan di Stadion Kanjuruhan Malang, Provinsi Jawa Timur.

"Klub yang telah mendaftarkan diri, kita minta untuk dafrar ulang untuk memastikan keikutsertaan dalam kompetisi Liga 3 Bangka Belitung. Selain itu, nantinya kita juga akan kembali membuka pendaftaran bagi klub anggota Asprov PSSI Bangka Belitung yang akan mengikuti kompetisi," jelasnya.

Seperti diketahui, tragedi Stadion Kamjuruhan Malang terjadi usai laga antara tuan Rumah Arema Malang menjamu Persebaya Surabaya, menyebabkan korban 754 orang 132 orang meninggal dunia.

Hampir seluruh korban adalah dari suporter Arema Malang.

Akibat kejadian tesebut, tak hanya Liga 1 Indonesia saja yang dihentikan kompetisinya, namun seluruh kompetisi di bawah PSSI dihentikan sementara.

Sebelum tragedi Kanjuruhan, Asprov PSSI Bangka Belitung telah membuka pendaftaran dengan rencana kompetisi akan digelar pada pertengahan Oktober 2022.

Namun pada 1 Oktober terjadi tragedi Kanjuruhan Malang yang mengakibatkan dihentikannya seluruh kompetisi sepakbola di bawah PSSI, baik yang sudah bergulir maupun yang baru akan bergulir. Termasuk Liga 3 Bangka Belitung yang waktu itu baru akan digulirkan.

Saat itu, sejumlah klub telah mendaftarkan diri, bahkan ada yang sudah mempersiapkan diri dengan menggelar seleksi dan latihan.

Klub yang sudah mendaftar sebanyak 4 klub antara lain juara bertahan Belitong FC, runner up PS Bangka Setara, Persibabar dan Goju FC yang merupakan klub baru.

Sebelumnya, di musim 2021, Liga 3 Bangka Belitung diikuti oleh 12 klub dari 15 anggota Asprov PSSI Bangka Belitung dengan format dibagi 2 grup.

Halaman
12
Sumber: Bangka Pos
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved