Berita Belitung

Lestarikan Ekosistem Laut, Pangdam Sriwijaya Tanam Terumbu Karang Di sekitar Pulau Burung Belitung

Pangdam juga berharap dengan digalakannya penanaman terumbu karang akan memperbaiki kembali ekosistem laut yang telah rusak.

Penulis: Dede Suhendar | Editor: Tedja Pramana
IST/Pendam II/Sriwijaya
Rombongan Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Hilman Hadi mengikat terumbu karang sebelum ditanam di area Pulau Burung, Tanjung Kelayang, Belitung pada Jumat (9/12/2022). 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Kabupaten Belitung, khususnya Pulau Burung yang terletak di sekitar Tanjung Kelayang, Kecamatan Sijuk memiliki alam bahari yang tak hanya indah tapi sering dijadikan sumber kehidupan bagi masyarakatnya.

Sehingga, keberlangsungan ekosistem dan biota laut harus tetap terjaga dengan peran serta masyarakat termasuk TNI.

Oleh sebab itu, rombongan Pangdam II/Sriwijaya, Mayjen TNI Hilman Hadi bersama kelompok pemerhati ekosistem dan Biota Laut KEK Tanjung Kelayang, kelompok Pecinta Lingkungan Tanjung Kelayang (Pelita) dan Garuda Care Diving melakukan  kegiatan transplantasi dan budi daya serta penanaman terumbu karang pada Jumat (9/12/2022).

Terdapat 500 terumbu karang ditanam di area sekitar laut Pulau Bulu dengan jarak 30 meter dan kedalaman 12 meter.

Dalam siaran rilis Pendam II/Sriwijaya, Pangdam menyampaikan kegiatan tersebut dilakukan sebagai bentuk upaya pencegahan terhadap kerusakan lingkungan dan biota laut di wilayah pantai wisata khususnya di Pulau Belitung, yang rusak akibat pencemaran lingkungan yang berasal dari sampah plastik.

Menurutnya kegiatan tersebut juga sejalan dengan tema HUT Provinsi Babel Tahun 2022 ini yaitu Hijau Biru Babelku.

Dalam kesempatan itu, Pangdam juga berharap dengan digalakannya penanaman terumbu karang akan memperbaiki kembali ekosistem laut yang telah rusak demi kemakmuran masyarakat sekitar.

Beberapa pejabat pun turut dan ikut serta dalam. kegiatan menanam terumbu karang diantaranya, Kasdam II Sriwijaya, Kapoks Ahli Pangdam, Danrem 045/Gaya, Asrendam, Para Asisten Kasdam, Para Kasi Korem 045, beberapa Kabalak seperti Kakesdam, Kajasdam, Kapendam serta Dandim 0414/Belitung. 

Sementara itu, Ketua kelompok Pecinta Lingkungan Tanjung Kelayang (Pelita) Rukma menyampaikan upaya penanaman terumbu karang sudah dilakukan semenjak tahun 2018 lalu.

Menurutnya perkembangan terumbu karang di lokasi tersebut cukup baik, dalam waktu enam bulan terumbu karang bisa tumbuh sampai satu sentimeter.

"Kami sangat bangga karena hari ini Bapak Pangdam II/Sriwijaya bisa berpartisipasi dan melakukan menananam terumbu karang bersama kelompok kami. Nanti terumbu karang yang sudah diikat oleh rombongan akan kami tempat di laut sekitar pulau Burung," katanya.

(posbelitung.co/dede s)

 

Sumber: Pos Belitung
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved