Wisata Bangka Belitung

Pariwisata Bangka Belitung Mulai Bangkit, Kuliner dan Wisata Pantai Jadi Daya Tarik

Hingga Oktober 2022 sebanyak 2.336 kunjungan Wisman yang turut memberi dampak positif bagi pertumbuhan sektor pariwisata, termasuk perekonomian.

Penulis: Sela Agustika | Editor: Khamelia
Kompas.com
Bebatuan granit yang terhampar di Pantai Tanjung Tinggi, Belitung. 

POSBELITUNG.CO -- Keunikan destinasi wisata Bangka Belitung menjadi daya tarik tersendiri bagi wisawatan nusantara maupun mancanegara. 

Berdasarkan informasi dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi kepulauan Bangka Belitung kunjungan Wisman ke Babel saat ini (tahun 2022) terjadi peningkatan cukup baik dibandingkan pandemi Covid-19 2021 kemarin.

Pihaknya mencatat hingga Oktober 2022 sebanyak 2.336 kunjungan Wisman yang turut memberi dampak positif bagi pertumbuhan sektor pariwisata, termasuk perekonomian.

Pelaku pari wisata Bangka Belitung SanSan Arya Lukman mengakui jika kondisi pari wisata Bangka Belitung mulai bangkit kembali setelah pandemi covid-19.

Hal ini juga terlihat dengan meningkatnya kunjungan wisman ke Bangka Belitung.

Dikatakan SanSan, rata-rata kunjungan wisman ke Bangka Belitung tertarik akan wisata kuliner dan wisata pantai.

Untuk itu ia menyarankan agar keberadaan pariwisata di Babel agar terus berinovasi dan memiliki strategi pemasaran yang baik.

"Wisman sudah mulai ada namun belum sebanyak sebelum pandemi. Untuk menarik wisatawan strategi marketing harus dipahami oleh pelaku pariwisata Babel (jangan hanya copy paste) jadi kita harus tau siapa pangsa pasar pariwisata," ungkap SanSan kepada Bangkapos.com, Jumat (8/12/2022).

Menurutnya, Bangka Belitung menjadi titik lokasi tujuan wisata yang strategis, terlebih letak wilayah Bangka Belitung yang terbilang cukup dekat dengan Ibu Kota, Jakarta. sehingga keberadaan pariwisata perlu dikemas dengan baik.

"Dari segi infrastruktur jalan sudah cukup baik, namun masih perlu dilakukan pembenahan di segi fasilitas seperti toilet, pusat informasi di destinasi pagelaran budaya yang berkelanjutan. Dan segala fasilitasnya harus kita siapkan. Jangan hanya sebatas slogan atau membuat paketnya saja tapi tidak menyiapkan segala sarana dan prasarananya," kata SanSan.

Ia berharap sektor pariwisata Babel bisa dikemas lebih baik, sehingga minat akan wisman terus meningkat. (Bangkapos.com/Sela Agsutika)

Sumber: Bangka Pos
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved