Berita Belitung

Politeknik Belitung Raih Peringkat Pertama Perguruan Tinggi Swasta Vokasi dari L2Dikti Regional II

Polbel juga berencana meningkatkan lulusan pada program studi manajemen administrasi dan manajemen informatika dari semula D3 menjadi D4 setara S1.

Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari
Direktur Politeknik Belitung, Hartian Ramadhan 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Politeknik Belitung (Polbel) mendulang sejumlah prestasi membanggakan sepanjang tahun 2022. Perguruan tinggi yang sebelumnya merupakan Akademi Manajemen Belitung (AMB) ini di antaranya menyabet peringkat pertama perguruan tinggi swasta vokasi bidang akademik.

Penghargaan dari Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (L2Dikti) regional II ini diterima Polbel setelah mengungguli perguruan tinggi swasta vokasi di wilayah II Sumatera bagian selatan (Sumbagsel).

"Tahun ini mahasiswa kami juga ada yang meraih juara tiga MTQH Nasional dari cabang lomba karya tulis ilmiah Al Quran," ujar Direktur Polbel, Hartian Ramadhan pada Jumat (9/12/2022). 

Tak sampai di situ, perguruan tinggi yang berlokasi di Jalan Telex Dalam Desa Air Ketekok, Tanjungpandan ini juga mendapat kepercayaan oleh Kemendikbudristek melalui pemberian dana hibah dari proposal mahasiswa.

Dana tersebut lantas digunakan untuk membangun fasilitas di Agrowisata Iding-iding Bahagia yang bekerjasama dengan kelompok tani di Dusun Air, Desa Air Saga. Juga untuk membentuk bank sampah digital di dusun tersebut.

Hartian menjelaskan, saat ini pihaknya tengah fokus mempersiapkan akreditasi prodi manajemen administrasi dan mengumpulkan data tracer studi lulusan AMB yang telah meniti karir sebagai ASN, baik sebagai PNS maupun PPPK. 

Polbel juga berencana meningkatkan lulusan pada program studi manajemen administrasi dan manajemen informatika dari semula D3 menjadi D4 atau setara S1. Hal ini melihat tingginya minat masyarakat pada program studi usaha perjalanan wisata (UPW) yang bergelar sarjana atau S1.

"Sekarang mengumpulkan data, nanti tahun depan akan membentuk tim dan memproses, nanti akan ditingkatkan menjadi D4. Sekarang masih fokus di akreditasi," ucapnya. 

Perguruan tinggi tersebut juga akan mewisuda 42 mahasiswa di Hotel Bahamas Belitung pada Sabtu (10/12/2022). Namun dalam proses wisuda, para mahasiswa masih berstatus mahasiswa AMB lantaran migrasi data di Kemendikbudriset masih dalam proses.

(Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari) 
 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved