TKI

Segini Gaji TKI Formal atau Pabrikan di Taiwan, Tak Heran Banyak yang Pulang Tanpa Bawa Uang

Ita menjelaskan bahwa TKI formal yang bekerja di Taiwan saat ini mendapatkan upah sebesar 25.250 NTD, atau sekitar Rp12.625.000.

Penulis: Fitri Wahyuni | Editor: Tedja Pramana
YouTube ita rosida
Segini Gaji TKI Formal atau Pabrikan di Taiwan, Tak Heran Banyak yang Pulang Tanpa Bawa Uang 

POSBELITUNG.CO - Seorang YouTuber bernama Ita Rosida yang kerap membagikan informasi terkait lowongan kerja TKI di Taiwan, kali ini berbagi informasi tentang biaya hidup para TKI di negeri Formosa tersebut.

Sebab banyak para calon TKI yang ingin mengetahui kisaran biaya hidup di sana, agar lebih tau dan lebih mudah mengontrol keungan.

Informasi yang diberikan oleh Ita ini merupakan biaya hidup untuk para TKI formal atau TKI yang bekerja di pabrikan.

Ita menjelaskan bahwa TKI formal yang bekerja di Taiwan saat ini mendapatkan upah sebesar 25.250 NTD, atau sekitar Rp12.625.000.

Pendapatan segitu merupakan pendapatan kotor, para TKI ini harus membayar biaya agensi sekitar 1.500 NTD, tempat tinggal atau mess sekitar 2.500 NTD, lalu ada lagi biaya askes dan pajak sekitar 2.500 nts.

Total yang harus dikeluarkan yakni sekitar 6.500 NTD dan menyisakan gaji sebesar 18.750 NTD, atau setara dengan Rp9 jutaan.

Pengeluaran tersebut belum dihitung dengan biaya makan dan kebutuhan pokok lainnya, Ita kemudian menjabarkan kembali beberapa kebutuhan penting yang menjadi biaya pengeluaran para TKI ini.

Seperti untuk sarapan, ia menghitung rata-rata sekitar 50 NTD untuk sekali makan, berupa makanan dan juga minuman.

Untuk laki-laki tentu ada biaya tambahan lagi, seperti rokok yang dihitung akan menghabiskan uang sekitar 100 NTD.

Totalnya yakni 150 NTD perhari, yang kemudian dikali dengan 30 hari, maka menghasilkan angka 4.500 NTD, itu baru biaya rokok dan biaya makan untuk sarapan saja.

Untuk makan siang dan makan malam bisa menghabiskan uang sekitar 100 NTD per hari, penghitungan ini diambil berdasarkan harga makanan yang paling murah di Taiwan.

Uang sebesar 100 NTD untuk makan siang dan makan malam tersebut dikalikan 30 hari, maka menghasilkan angka sebesar 3.000 NTD.

Jadi sisa gaji yang didapat setiap bulan untuk para TKI formal atau TKI yang bekerja di pabrikan setiap bulannya adalah 11.250 NTD, atau setara dengan Rp5.635.000.

Uang tadi juga belum dikurang dengan biaya liburan dan keperluan lainnya, seperi pulsa, baju, dan lain-lain.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved