Pelanggan Makin Meningkat, XL Axiata Menangi 4 Kategori Opensignal Award Desember 2022

Dalam laporan itu, XL Axiata berhasil memenangkan empat kategori dari sembilan kategori, meraih skor terbaik di antara sejumlah operator

Editor: Khamelia
IST/Dok XL Axiata
Teknisi sedang bekerja dengan perangkat Base Transceiver Station (BTS) milik XL Axiata beberapa waktu lalu. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Kerja keras PT XL Axiata Tbk dalam upaya menghadirkan pengalaman terbaik bagi pelanggan terus membuahkan hasil. Di antaranya, yang terbaru XL Axiata mendapat pengakuan dari pelanggan seluler melalui analisis independen Opensignal yang tertuang pada Laporan Pengalaman Jaringan Seluler Indonesia pada Desember 2022.

Dalam laporan itu, XL Axiata berhasil memenangkan empat kategori dari sembilan kategori, meraih skor terbaik di antara sejumlah operator yang beroperasi di Indonesia.

Keempat kategori tersebut yakni, pengalaman kecepatan unduh, pengalaman video, pengalaman gim, dan pengalaman aplikasi suara. Analisa kepada pelanggan seluler dilakukan oleh Opensignal selama 90 hari, mulai 1 Agustus 2022 hingga 29 Oktober 2022.

Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa mengatakan, hasil laporan Opensignal yang menempatkan XL Axiata menjadi yang terbaik di empat kategori pada periode ini menunjukkan kerja keras dalam upaya meningkatkan kualitas jaringan telekomunikasi dan data.

"Kerja keras tersebut telah berhasil menghadirkan kualitas jaringan yang semakin baik yang semoga sesuai dengan ekspektasi pelanggan. Namun, tentu pencapaian ini bukan final, karena kami harus mampu mempertahankannya di periode-periode mendatang di mana ekspektasi pelanggan juga akan terus meningkat," katanya, dalam rilis yang diterima Pos Belitung, Sabtu (17/12/2022). 

Gede menambahkan, berbagai inisiatif dan inovasi telah diimplementasikan oleh XL Axiata untuk meningkatkan kinerja jaringan.

Upaya-upaya tersebut antara lain berupa menjaga ketersediaan dan kualitas sinyal pada seluruh BTS XL Axiata, serta optimisasi di sisi jaringan dan dan layanan. 

Hal-hal tersebut dilaksanakan secara berkesinambungan sehingga mampu mendekati ekspektasi experience yang diinginkan pelanggan.

Selain itu, XL Axiata juga menerapkan smart investment, yaitu menambah kapasitas jaringan dengan mempertimbangkan pengaruh langsung terhadap pengalaman pelanggan.

Berikut ini penjelasan terkait empat kategori survey pengalaman seluler dari Opensignal yang berhasil dimenangkan oleh XL Axiata. 

Kategori pengalaman video mengukur kualitas video yang streaming ke perangkat seluler dengan mengukur streaming video nyata melalui jaringan operator.

Metrik tersebut didasarkan pada pendekatan berbasis Persatuan Telekomunikasi Internasional (ITU) yang dibangun berdasarkan penelitian mendalam yang menghasilkan suatu hubungan antara parameter teknis, termasuk kualitas gambar, waktu pemuatan video dan laju penundaan, dengan pengalaman video yang dialami sesuai dengan laporan dari orang-orang.

Pengguna XL Axiata menikmati pengalaman terbaik saat streaming video melalui jaringan seluler di Indonesia. Hasilnya, XL Axiata kembali menjadi pemenang Pengalaman Video Opensignal, dengan 46,5 poin dari 100 poin
 
Selanjutnya mengenai kategori pengalaman game, mengukur bagaimana pengguna seluler merasakan permainan seluler multipemain secara nyata pada jaringan operator.

Diukur pada skala 0-100, pengalaman ini menganalisis bagaimana pengalaman bermain game seluler multipemain pengguna dipengaruhi oleh kondisi jaringan seluler termasuk latensi, kehilangan paket, dan jitter.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved