Profil Artis

Biodata Aminah Cendrakasih, Pemeran Mak Nyak di Si Doel Anak Sekolahan, Meninggal di Usia 84 Tahun

Aminah Cendrakasih lahir di Magelang pada 29 Januari 1938, ia adalah putri dari pasangan H. Husni Nagib dan Hj. Wolly Sutinah.

Penulis: Fitri Wahyuni | Editor: Tedja Pramana
Tribunnewsmaker.com
Biodata Aminah Cendrakasih, Pemeran Mak Nyak di Si Doel Anak Sekolahan, Meninggal di Usia 84 Tahun 

POSBELITUNG.CO -¬†Dunia hiburan Tanah Air kembali berduka, seorang aktris lawas, Aminah Cendrakasih, pemeran Mak Nyak dalam sinetron Si Doel Anak Sekolahan menghembuskan nafas terakhirnya.

Aminah Cendrakasih diketahui meninggal dunia pada Rabu malam (21/12/2022), pukul 20.00 WIB, di usianya yang ke-84 tahun.

Aminah Cendrakasih lahir di Magelang pada 29 Januari 1938, ia adalah putri dari pasangan H. Husni Nagib dan Hj. Wolly Sutinah.

Ibu Aminah adalah seroang aktris Indonesia, sementara ayahnya adalah seorang pelawak,  tak heran jika darah seni mengalir dalam diri Aminah.

Sejak sekolah di SKP (setara dengan SMA), Aminah sudah mengenal dunia panggung. Ia bahkan aktif di pentas sandiwara sebagai pemain dan penyanyi.

Aminah Cendrakasih mulai menggeluti dunia akting sejak 1956 silam, saat itu usianya baru 18 tahun. Nama Aminah mulai dikenal usai dirinya sukses membintangi film 'Serampang 12' (1956) dan 'Asrama Dara' (1958).

Sebelumnya, Aminah sudah pernah bermain layar lebar yang bertajuk 'Oh, Ibuku' pada 1955. Ia juga bermain film bersama ibunya di tahun yang sama melalui 'Gambang Semarang'.

Pada awal kariernya, Aminah kerap mendapat peran sebagai gadis manja dan judes. Pembawaan dan raut wajahnya dinilai cocok membawakan karakter tersebut.

Pada kenyaraannya, Aminah pernah mengakui jika peran judes itu sangat berbeda dengan pembawaannya sehari-hari. Di kehidupan nyata, Aminah mengakui bahwa dirinya bukan sosok perempuan yang galak.

Sejak 1955 sampai 1989, Aminah sudah membintangi sekitar 101 film, baik sebagai pemeran pembantu maupun pemeran utama.

Berkat pengabdiannya yang begitu lama di dunia film, pada 1992 Aminah Cendrakasih mendapat Penghargaan Kesetiaan Profesi Keartisan dari Dewan Film Nasional.

Nama Aminah pernah menghilang untuk beberapa waktu yang cukup lama usai ia membintangi film Habis Gelap Terbitlah Terang (1959) dan kemudian menikah.

Aminah menikah dengan seorang pria asli Betawi bernama Idris Permana, dari pernikahan tersebut sepasang suami istri ini dikarunai 7 orang buah hati, terdiri dari 4 putra dan 3 putri.

Pada 1986, Aminah harus rela ditinggal sang suami untuk selama-lamanya, suami Aminah, Idris meninggal dunia. Sejak saat itu aktris lawas ini tidak pernah menikah lagi.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR
© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved