Obat Herbal

Manfaat Bawang Dayak untuk Obat Herbal Hipertensi hingga Diabetes, Begini Cara Mengolahnya

Bawang dayak kerap digunakan sebagai tanaman obat tradisional oleh masyarakat Indonesia selama ribuan tahun yang lalu. Kandungan nutiris...

Penulis: Fitri Wahyuni | Editor: Fery Laskari
Net
Bawang Dayak 

POSBELITUNG.CO -- Selain bawang merah, bawang putih dan bawang bombay, bawang dayak juga merupakan tanaman herbal yang kerap dijadikan sebagai bumbu penyedap makanan.

Selain itu, bawang dayak juga kerap digunakan sebagai tanaman obat tradisional oleh masyarakat Indonesia selama ribuan tahun yang lalu.

Kandungan nutrisi yang terkandung di bawang dayak diyakini sangat baik untuk kesehatan, di antaranya saponin, tanin, fenolik, alkaloid, kuinon, triterpenoid, dan lebih banyak lagi.

Bawang dayak adalah tanaman herbal yang berasal dai Kalimantan, memiliki bentuk yang mirip dengan bawang merah, namun bawang dayak memiliki bunga berwarna putih, tidak memiliki bau yang menusuk, serta tidak membuat mata perih saat dikelola.

Berikut manfaat bawang dayak yang baik untuk kesehatan dilansir dari kanal YouTube dr. Fery Juliawan, M.Th.

Menutunkan Tekanan Darah Tinggi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah suatu kondisi di mana terjadinya peningkatan tekanan darah, baik tekanan darah sistolik maupun tekanan darah diastolik.

Secara garis besar ada dua jenis hipertensi, yakni hipertensi primer dan hipertensi sekunder. Hipertensi primer disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat atau bisa juga akibat faktor genetik.

Sementara hipertensi sekunder disebabkan oleh kondisi medis yang lain, atau dengan kata lain hipertensi ini terjadi akibat adanya penyakit-penyakit yang lain.

Bawang dayak telah terbukti bermanfaat dalam menurunkan tekanan darah, dalam sebuah penelitian menunjukan bahwa adanya zat aktif berupa alisin membuat bawang dayak dapat menurunkan tekanan darah.

Menjaga Kesehatan Jantung

Sistem peredaran tubuh manusia berpusat pada jantung, apabila jantung mengalami gangguan maka sirkulasi darah ke seluruh organ tubuh akan terganggu.

Jantung adalah organ vital yang terletak di dalam rongga dada, berfungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh untuk memenuhi kebutuhan oksigen dan nutrisi.

Kandungan zat-zat antioksidan yang terdapat di dalam bawang dayak mempunyai peranan dalam menjaga kesehatan jantung.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved