Berita Belitung

KPU Beltim Tidaklanjuti Hasil Verifikasi Administrasi Bacalon DPD RI Dapil Babel

KPU Beltim sudah menyelesaikan rapat pleno untuk menyimpulkan penilaian terhadap syarat dukungan minimal hasil dari verifikasi administrasi.

Penulis: Sepri Sumartono | Editor: Tedja Pramana
posbelitung.co
Ketua KPU Beltim, Rizal. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Belitung Timur (Beltim) menindaklanjuti hasil penyerahan syarat dukungan minimal bakal calon (Bacalon) DPD RI daerah pemilihan (Dapil) Bangka Belitung yang dilaksanakan KPU Provinsi Bangka Belitung (Babel) beberapa waktu lalu.

Melalui Sistem Informasi Pencalonan (Silon), data tersebut diinput oleh LO bacalon DPD RI, kemudian KPU kabupaten/kota melakukan pencermatan terhadap syarat dukungan minimal.

"Seperti KTP, alamat, surat peryataan dukungan dari masyarakat," kata Ketua KPU Beltim, Rizal kepada Posbelitung.co, Senin (16/1/2023).

Rizal menjelaskan, pencermatan itu dilakukan untuk mengkoreksi apakah ada dukungan ganda internal dan eksternal, KTP bukan elektronik, KTP tidak terbaca, NIK tidak sesuai atau pun pemilih yang dilarang mendukung.

"Bukan pemilih yang dilarang, seperti TNI/Polri, pegawai negeri sipil, perangkat desa, penyelenggaraan pemilu mulai dari KPU sampai PPS, itu dicermati semua," katanya.

Selanjutnya, setelah melakukan pencermatan, KPU Beltim akan menentukan status syarat administrasi tersebut apakah tidak memenuhi syarat, belum memenuhi atau memenuhi syarat.

"Status belum memenuhi syarat ini bisa diperbaiki, nanti di masa perbaikan, kalau tidak diperbaiki berarti tidak memenuhi syarat," ujarnya.

Dalam tahapan verifikasi ini, KPU Beltim memberikan ruang kepada masyarakat untuk menanggapi syarat dukungan minimal apabila ada keberatan atas nama yang dirasa tidak pernah memberikan dukungan.

"Kami mengimbau masyarakat secara aktif, apalagi bagi masyarakat yang secara pekerjaan yang memang tidak boleh memberikan dukungan," katanya.

Rizal menjelaskan bahwa KPU Beltim sudah menyelesaikan rapat pleno untuk menyimpulkan penilaian terhadap syarat dukungan minimal hasil dari verifikasi administrasi.

"Kami sudah membuat berita acara terhadap sembilan belas bacalon, siapa-siapa, rekapnya berapa, termasuk pendukung yang memenuhi syarat, belum atau tidak," ujarnya.

( Posbelitung.co/Sepri)

Sumber: Pos Belitung
  • Tribun Shopping

  • Berita Terkait :#Berita Belitung
    Ikuti kami di
    KOMENTAR
    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved