Berita Pangkalpinang

Pemkot Pangkalpinang Bakal Lelang Jabatan Sekda, Molen: Kita Buka Sejak Kemarin

Lelang akan dilakukan secara nasional, untuk mengisi jabatan yang ditinggalkan oleh Radmida Dawam pada 11 Januari 2023 kemarin.

Penulis: Cepi Marlianto | Editor: Tedja Pramana
(Bangkapos.com/Cepi Marlianto)
Wali Kota Pangkalpinang, Maulan Aklil. 

POSBELITUNG.CO, BANGKA - Pemerintah Kota Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung bakal melelang jabatan Sekretaris Daerah alias Sekda.

Lelang akan dilakukan secara nasional, untuk mengisi jabatan yang ditinggalkan oleh Radmida Dawam pada 11 Januari 2023 kemarin.

Wali Kota Pangkalpinang, Maulan Aklil mengatakan, pihaknya sendiri memastikan telah melakukan lelang jabatan untuk posisi Sekda.

Lelang sendiri sudah dibuka sejak beberapa hari lalu. Dimana seperti yang diketahui saat ini posisi itu sedang diemban seorang pelaksana tugas atau Plt.

"Ini sudah lelang sudah dimulai, kita buka sejak kemarin," kata Molen sapaan akrabnya kepada Bangkapos.com, Senin (16/1/2023).

Molen mengungkapkan, proses lelang jabatan sendiri dilakukan secara terbuka alias open bidding. Pihaknya sendiri masih mempersiapkan segala administrasi untuk pengumuman lelang jabatan terbuka. Hal itu sebagaimana sesuai dengan aturan yang berlaku, pengisian posisi sekda harus melalui lelang.

Tak hanya itu, agar posisi sekda dapat dilelang maka perlu dilakukan pengosongan posisi sementara. Selama kekosongan itu pula perlu adanya pejabat sekda sementara dengan penunjukan Plt.

"Karena memang secara aturan harus kosong (Terlebih dahulu), dan kemarin sudah kosong," jelas dia.

Di sisi lain lanjut dia, lelang jabatan merupakan prosedur standar untuk mencari posisi sekda di pemerintah daerah manapun. Nantinya akan ada seleksi assessment Sekda, adalah uji kompetensi mencakup bidang managerial, social-cultural, administrasi, dan pemerintahan.

Seperti yang diketahui beberapa waktu lalu dirinya telah merotasi jabatan Sekda. Posisi yang sebelumnya dijabat oleh Radmida Dawam digantikan oleh Plt Sekda, Mie go. Sedangkan Radmida menduduki posisi baru sebagai staf ahli wali kota.

"Akan kita segera kita lelangkan," ujarnya.

Kendati demikian kata Molen, dirinya berharap siapa pun yang terpilih menjadi sekda bisa membawa perubahan untuk Kota Pangkalpinang. Dimana pada awal tahun 2023 ini juga sudah melakukan perombakan sejumlah pejabat, mulai dari posisi kepala dinas hingga staf.

Hal ini untuk meracik skema terbaik untuk memajukan Kota Pangkalpinang. Serta penyegaran organisasi di perangkat daerah.

"Kemarin cuma meracik sana-sini, yang sudah terlalu lama di situ, kita segarkan," kata Molen.

(Bangkapos.com/Cepi Marlianto)

Sumber: Bangka Pos
  • Tribun Shopping

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR
    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved