Berita Belitung

Membuat SIM Tidak Sulit, Kasat Lantas: Kebanyakan Gagal di Tes Praktik

Kenaikan akumulasi permohonan perpanjangan dan pembuatan SIM ini menandakan masyarakat sudah patuh terhadap aturan.

Penulis: Sepri Sumartono | Editor: Tedja Pramana
Posbelitung.co/sepri
Kasat Lantas Polres Belitung Timur, AKP Abdul Haris. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Kasat Lantas Polres Belitung Timur, AKP Abdul Haris mengatakan pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) sebenarnya tidak sulit, hanya perlu melewati beberapa tahapan tes saja.

"Yang jelas faktor utama itu kesehatan dan ditambah lagi dengan psikologi, kalau mereka lulus ya nanti teori pulak, baru praktik," kata AKP Abdul Haris kepada Posbelitung.co, Kamis (19/1/2023).

Sejauh ini, menurut AKP Abdul Haris, kebanyakan pemohon pembuatan SIM gagal pada tahap tes praktik yang secara teknis dinilai sudah sesuai untuk menguji kompetensi seseorang dalam mengemudi kendaraan bermotor.

"Cuma mungkin masyarakat tidak terbiasa dan biasa juga mengendarai di tempat yang lurus-lurus saja tanpa rintangan, mungkin mereka sedikit ragu, sebenarnya sih kalau mengendarai semua mayoritas bisa lah," katanya.

Ia mengimbau, apabila masyarakat sudah memenuhi syarat umur dan mempunyai KTP sebaiknya segera langsung mengajukan permohonan pembuatan SIM ke Polres Belitung Timur dengan membawa dokumen persyaratan seperti KTP, surat kesehatan dan surat lulus tes psikologi.

AKP Abdul Haris mengungkapkan, permohonan pembuatan SIM di tahun 2022 mengalami kenaikan ketimbang tahun 2021 lalu. Kenaikan tersebut terdapat di pembuatan baru sekaligus perpanjang SIM A, B, dan C.

"SIM keliling agak berkurang, karena kita menunggu pemohon yang ada di desa-desa dan itu kita koordinasikan dengan babinkamtibmas dan perangkat desa yang ada di kecamatan" ujarnya.

"Paling banyak kanaikan penerbitan SIM C dan SIM A untuk mobil," jelasnya.

AKP Abdul Haris mengatakan, kenaikan akumulasi permohonan perpanjangan dan pembuatan SIM ini menandakan masyarakat sudah patuh terhadap aturan.

"Pentingnya membuat SIM, Itu sebagai persyaratan seseorang layak mengendarai kendaraan, harus punya kompetensi," katanya.

( Posbelitung.co/Sepri)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR
© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved