Wisata Belitung

Segudang Aktivitas Menarik saat Berlibur ke Garumedang Tektites, dari Camping hingga Susur Lembah

Selain dapat belajar tentang sejarah penemuan batu satam, Anda juga dapat menikmati keindahan alam yang ada di Garumedang, mulai dari camping hingga.

Penulis: Fitri Wahyuni | Editor: Khamelia
Ist/dok Veri Yadi
Garumedang Teknik Geosite (GTG) berada di Dusun Garumedang Desa Sukamandi, Kecamatan Damar, Kabupaten Belitung Timur, kini menawarkan berbagai geowisata edukasi. 

POSBELITUNG.CO -- Garumedang Tektites merupakan destinasi wisata baru yang ada di Belitung, tempat ini baru dikembangkan menjadi tempat wisata sejak tahun 2020 silam.

Veri Yadi, selaku Owner Garumedang menyebutkan bahwa destinasi wisata Garumedang Tektites ini dibangun dengan konsep mengubah lahan bekas tambang menjadi sesuatu yang menarik, dengan tetap menjaga segala kekayaan alam yang ada.

"Pembangunan pertama di tahun 2020, konsep utama geosite ini adalah bagaimana kita mengkonservasi lahan bekas tambang, kita juga menjaga lingkungan" ujar Veri Yadi pada Pos Belitung beberapa waktu lalu.

Meski Garumedang Tektites merupakan destinasi wisata yang berasal dari lahan bekas tambang, namun ada banyak aktivitas yang bisa Anda lakukan di sini.

Selain dapat belajar tentang sejarah penemuan batu satam, Anda juga dapat menikmati keindahan alam yang ada di Garumedang, mulai dari camping hingga susur lembah.

Di lokasi ini terdapat lembah bernama Kenozoikum, Anda nantinya akan diajak menyusuri lembah tersebut menggunakan sampan, dimana sampan ini adalah trasnportasi tradisional warga setempat.

Selain itu, terdapat tower dengan ketinggian 14,90 meter yang bisa digunakan untuk melihat pemandangan sekitar.

Ada pula lahan yang cukup luas, sekitar satu hektar yang memang diperuntukan sebagai tampat camping atau camping ground bagi para pengunjung.

Tak tanggung-tanggun, lahan seluas satu hektar tersebut dapat menampung setidaknya 50 peserta dalam satu waktu, datarannya rendah berpasir dengan kemiringan 15 derajat, sehingga aman dan bebas banjir ketika hujan.

Dilengkapi pula dengan fasilitas berupa dekat dengan sumber air. 

Dari tempat camping ini, Anda dapat menikmati keindahan alam berupa pancaran sinar saat matahari terbit dari persembunyiannya dan juga saat matahari terbenam.

Jangan khawatir, kuliner juga tersedia di tempat wisata ini, yang mana bahan utama kuliner didapatkan dari alam langsung di Garumedang, berupa ikan kelik dan ikan linggang.

Kedua jenis ikan ini akan disajikan atau dioleh dengan menu masakan khas dari Afrika Selatan, namun bumbunya akan racik dan disesuaikan dengan lidah Anda.

Anda yang ingin berkunjung ke Garumedang Tektites, guide lokal siap menemani setiap hari Selasa sampai Minggu, pukul 12.00 hingga 17.00.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved