Berita Belitung

KPPN Tanjungpandan Bersama Bank Himbara Sukseskan Penggunaan KKP.Domestik

Sistem ini akan mengoptimalkan penggunaan uang persediaan oleh satuan kerja untuk kebutuhan belanja operasional ataupun belanja perjalanan dinas.

Penulis: Dede Suhendar | Editor: Tedja Pramana
IST/dok KPPN Tanjungpandan
Kepala KPPN Tanjungpandan, Firza Yulianti bersama pimpinan cabang perbankan berfoto bersama usai sosilasi KKP Domestik pada Kamis (19/1/2023). 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - KPPN Tanjungpandan melaksanakan sosialisasi terkait Kartu Kredit Pemerintah (KKP) Domestik yang telah diterbitkan pemerintah melalui bank himbara pada Kamis (19/1/2023) lalu.

Dalam kegiatan tersebut, Kepala KPPN Tanjungpandan, Firza Yulianti mengatakan KKP Domestik dilatarbelakangi transaksi kartu kredit di Indonesia yang didominasi transaksi domestik (±80 persen) dimana hampir seluruhnya (±90 persen) diproses di luar negeri, dan  sejalan dengan program pemerintah dalam rangka aksi Gerakan Bangga Buatan Indonesia (GBBI), khususnya dalam aspek sistem pembayaran.

"KKP Domestik dapat memfasilitasi belanja pengadaan pemerintah yang digunakan melalui platform yang disediakan secara terpusat oleh Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah," ujarnya melalui siaran rilis KPPN Tanjungpandan pada Sabtu (21/1/2023).

Firza menjelaskan tujuan KKP Domestik antara lain mengurangi ketergantungan impor, mengefisiensikan biaya pemrosesan, mengedepankan kemandirian nasional, mengamankan data dan transaksi, mengoptimalkan skema domestik dan memperluas akseptasi khususnya UMKM.

Bank yang tergabung dalam himpunan bank milik negara (Himbara) alias bank BUMN menjadi perbankan tahap awal yang menerbitkan produk Kartu Kredit Pemerintah Domestik atau KKP Domestik.

Bank tersebut diantaranya PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk dan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk dan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk.

"Ke depan, sistem ini akan mengoptimalkan penggunaan uang persediaan oleh satuan kerja untuk kebutuhan belanja operasional ataupun belanja perjalanan dinas," katanya.

Kusno selaku Pimpinan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk Cabang Tanjungpandan yang hadir pada kegiatan tersebut menambahkan, KKP Domestik merupakan produk yang diperuntukkan untuk Satuan Kerja Vertikal Kementerian Lembaga dan Satuan Kerja Pemerintah Daerah yang dapat melakukan transaksi melalui handphone melalui QRIS via Livin’ by Mandiri, kemudahan monitoring, hingga pembayaran.

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Cabang Tanjungpandan yang diwakili oleh Erry Nofrizal memaparkan bahwa proses pengajuan KKP Domestik ini mudah, dan tidak ada biaya.

Hadir pula perwakilan dari PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk cabang Tanjungpandan yang menjelaskan jika ada penggantian bendahara, segera menyampaikan penggantian pemegang KKP ke pihak bank.

Bank himbara yang ada di wilayah Tanjungpandan berkomitmen mendukung program pemerintah dalam rangka penggunaan KKP Domestik dan mendorong penerbitan QRIS pada penggiat usaha dalam negeri di Kabupaten Belitung dan Kabupaten Belitung Timur.

(posbelitung.co/dede s)

 

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved