Berita Belitung

Garis Kemiskinan Belitung Tertinggi se-Bangka Belitung, Jumlah Penduduk Miskin Menurun

Pada 2021 lalu, jumlah penduduk miskin di Kabupaten Belitung yakni sebanyak 13.530 jiwa. Sementara pada 2022 turun menjadi 12.340 jiwa.

Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari
Kepala BPS Kabupaten Belitung, Agung Rachmadi. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Belitung mencatat garis kemiskinan Belitung tahun 2022 yakni Rp860.629.

Garis kemiskinan ialah garis yang terbentuk dari pengeluaran makanan dan non makanan, yang menandakan semakin tinggi garis kemiskinan berarti semakin mahal biaya yang harus dikeluarkan untuk kebutuhan.

Dibandingkan kabupaten/kota lain di Bangka Belitung, garis kemiskinan di Belitung termasuk yang tertinggi.

"Penyebabnya inflasi yang masih terpusat di bahan makanan menyebabkan rumah tangga harus mengeluarkan lebih besar, transportasi juga karena BBM naik, juga ketergantungan komoditas dari luar daerah," kata Kepala BPS Kabupaten Belitung Agung Rachmadi pada Senin (23/1/2023).

Meski garis kemiskinan Belitung menjadi yang tertinggi di Bangka Belitung, namun jumlah penduduk miskin mengalami penurunan dibanding tahun sebelumnya.

Pada 2021 lalu, jumlah penduduk miskin di Kabupaten Belitung yakni sebanyak 13.530 jiwa. Sementara pada 2022 turun menjadi 12.340 jiwa.

Angka ini membuat Kabupaten Belitung menempati posisi kedua di Bangka Belitung dengan jumlah penduduk miskin terbanyak setelah Kabupaten Bangka yang jumlah penduduk miskinnya berjumlah 14.500 jiwa.

Jumlah penduduk miskin yang tercatat melalui data BPS merupakan penduduk yang memiliki rata-rata pengeluaran per kapita pernah bulan di bawah garis kemiskinan.

Selanjutnya, BPS Kabupaten Belitung juga mencatat indeks kedalaman kemiskinan di Kabupaten Belitung yang menjadi tertinggi se Bangka Belitung yakni sebesar 0,93.

Semakin tinggi angka indeks kedalaman kemiskinan, artinya semakin jauh kesenjangan pengeluaran masing-masing penduduk miskin terhadap garis kemiskinan.

Indeks keparahan kemiskinan di Kabupaten Belitung juga menempati posisi pertama di Bangka Belitung yakni 0,26. Artinya terjadi kesenjangan yang besar terhadap pengeluaran di antara penduduk miskin.

Indeks keparahan kemiskinan di Kabupaten Belitung mengalami kenaikan yang signifikan dari 0,06 pada 2021 menjadi 0,26 pada 2022.

( Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari)

Sumber: Pos Belitung
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved