Breaking News:

Berita Belitung

Bupati Belitung Timur Daftarkan Kopi Baguk dan Gading ke Kementerian Pertanian

Kopi Gading dan Baguk akan menjadi spesiality kopi Indonesia seperti Gayo, Toraja dan Robusta Lampung.

Penulis: Sepri Sumartono | Editor: Tedja Pramana
Posbelitung.co/Bryan Bimantoro
Bupati Belitung Timur, Burhanudin. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Bupati Belitung Timur, Burhanudin mendaftarkan kopi varietas lokal ke Kementerian Pertanian RI dengan nama Kopi Liberika Baguk dan Kopi Gading Dendang.

Ia siap mendorong kemandirian kopi di kabupaten yang ia pimpin seperti yang pernah ia lakukan pada tahun 2021 lalu.

Burhanudin bersyukur Kementerian Pertanian RI mengeluarkan sertifikat atas kedua jenis kopi yang telah didaftarkan melalui tanda daftar varietas nomor : 1833/PVL/2022 dengan nama Kopi Gading Dendang dan nomor : 1848/PVL/2022 dengan nama Kopi Liberika Baguk.

"Dengan adanya sertifikat yang kami terima tersebut maka kedua jenis kopi itu menjadi hak milik dari masyarakat Belitung Timur," kata Burhanudin kepada Posbelitung.co, Selasa (24/1/2023).

Menurutnya, Kopi Gading dan Baguk akan menjadi spesiality kopi Indonesia seperti Gayo, Toraja dan Robusta Lampung.

Maka itu, Burhanudin mendorong Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait agar menggalakan penanaman dua jenis kopi lokal tersebut kepada seluruh petani yang ada di Kabupaten Belitung Timur agar di masa depan bisa swasembada kopi.

"Kita sadari selama ini Belitung Timur negeri seribu warung kopi harus membeli kopi dari daerah luar Belitung Timur," katanya.

"Dampaknya, uang pembelian kopi tersebut dinikmati oleh petani-petani yang ada di luar Belitung Timur, dan ini menjadi tanggungjawab bersama agar nanti uang pembelian kopi diterima dan dimanfaatkan oleh petani lokal," tambahnya.

Burhanudin menyampaikan, keistimewaan kopi yang telah didaftarkan tersebut ada pada cita rasa kopinya yang memiliki ciri kekhasan Belitung Timur karena kedua kopi itu sudah ada sejak lama bahkan ratusan tahun sehingga telah beradaptasi dengan ingin dan tanah setempat.

"Kami bisa pastikan betul cita rasanya betul-betul representasi dari Belitung Timur, apalagi Liberika Baguk yang paling spesial karena sebarannya yang sedikit," jelasnya.

Bupat Belitung Timur itu berharap masyarakat khususnya para petani bersama pemerintah bisa mendukung program kemandirian kopi di daerah.

Kemandirian ini menurut Burhanuddin, tidak hanya untuk kesejahteraan pemilik warung kopi, tapi yang terpenting adalah bisa meningkatkan kesejahteraan petani yang ada di Belitung Timur.

"Kami yakin ke depan Belitung Timur akan menjadi salah satu penghasil kopi liberika terbaik yang ada di Indonesia," kata Burhanudin.

( Posbelitung.co/Sepri)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved