Pos Belitung Hari Ini

2023 Pemprov Babel Alokasikan Anggaran Beasiswa Rp10,94 Miliar, Rangkul Penyandang Disabilitas

Pemprov Bangka Belitung kembali mengalokasikan anggaran beasiswa bagi mahasiswa kurang mampu pada tahun ini, dengan total alokasi mencapai Rp10,94 M.

Editor: Novita
Dokumentasi Posbelitung.co
Pos Belitung Hari Ini, Rabu, 25 Januari 2023 

POSBELITUNG.CO, BANGKA - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ( Babel) kembali mengalokasikan anggaran beasiswa bagi mahasiswa kurang mampu pada tahun 2023. Total alokasi pada tahun ini mencapai Rp10,94 miliar.

Besaran anggaran beasiswa ini meningkat bila dibandingkan tahun lalu. Pada 2022 lalu alokasi anggaran beasiswa sebesar Rp9 miliar.

Pada 2023 ini, beasiswa mahasiswa tidak hanya ditujukan bagi mahasiswa kurang mampu saja, tetapi juga ada penambahan program. Salah satunya, beasiswa bagi penyandang disabilitas.

"Beasiswa kerja sama itu untuk 18 perguruan tinggi (PT) meliputi 15 perguruan tinggi di Babel dan 3 PT di luar Babel, program S1," ungkap Kepala Biro Kesejahteran Rakyat (Kesra) Pemprov Bangka Belitung, Saimi ditemui Bangka Pos, Selasa (24/1/2023).

Pada 2023, Pemprov Babel memiliki program tambahan yakni beasiswa prestasi. Yakni untuk menjadi dosen Fakultas Kedokteran UBB. Kuota sebanyak 10 orang melanjutkan S2 dengan rincian delapan orang di Universitas Sriwijaya (Unsri), satu orang di Universitas Gadjah Mada (UGM) dan satu orang di Universitas Indonesia (UI).

Ditambah satu lagi program tambahan untuk beasiswa bagi penyandang disabilitas dengan kuota 41 orang.

"Ini sedang proses untuk pencairannya. Bisa saja saat pembayaran semester cairnya. Mudah-mudahan, SK masih dalam proses semua," kata Saimi.

Pada 2022 lalu, beasiswa bagi mahasiswa kurang mampu ini sempat terjadi keterlambatan pencairan. Kondisi itu menjadi sorotan DPRD Kepulauan Bangka Belitung. Keterlambatan pencairan itu akibat ada perubahan dalam proses pencairannya.

Awalnya pencairan melalui Dinas Pendidikan Provinsi Babel, kemudian beralih ke Biro Kesra Pemprov Babel. Perubahan aturan pencairan itu akibat adanya evaluasi dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendari). Namun Biro Kesra harus menunggu regulasi terlebih dulu waktu itu dan selesai dicairkan pada akhir tahun 2022.

"Kalau yang tahun 2022 itu sudah cair bulan Desember kemarin. Harus ada pergub dulu, itu kita terima tanggal 22 Desember 2022. Jadi ada delapan hari waktu untuk pencairan. Alhamdulilah selesai," katanya.

Pemprov Babel menyakini beasiswa untuk mahasiswa tak mampu, berprestasi dan penyandang disabilitas ini akan cair tepat waktu untuk 2023 ini.

Selain beasiswa kerja sama, pemprov juga memberikan bantuan sosial (bansos) di bidang pendidikan. Bansos hanya diterima satu kali oleh penerima bantuan.

Anggaran yang disiapkan sebesar Rp1,068 miliar. Total penerima sebanyak 192 orang, meliputi 28 orang secara reguler dan 164 orang dari program beasiswa berprestasi tak mampu.

"Ini satu kali menerima. Tahun kemarin mereka ini mengajukan proposal ke gubernur. Kita lakukan verifikasi, survei dan sebagainya. Ada syarat dan ketentuan untuk bansos pendidikan ini," katanya.

Halaman
123
Sumber: Pos Belitung
Berita Terkait :#Pos Belitung Hari Ini
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved