Breaking News:

Ngayau De Belitong

Berwisata ke Suak Gual Pulau Mendanau Belitung

Hai Tribunners, program Ngayau De Belitong, Sabtu (4/12/2021) kali ini Pos Belitung mengajak kalian melihat tempat wisata di Negeri Laskar Pelangi.

Penulis: Disa Aryandi | Editor: Eltjandring

POSBELITUNG.CO, BELITUNG -- Hai Tribunners, pada program Ngayau De Belitong, Sabtu (4/12/2021) kali ini Pos Belitung mengajak kalian untuk melihat tempat wisata yang berbeda di Negeri Laskar Pelangi.

Kami akan mengajak kalian ke Desa wisata Suak Gual. Tempat wisata ini sangat direkomendasikan apabila ingin melihat keindahan pada bagian Selatan Pulau Belitung.

Berwisata ke tempat ini, kalian tidak hanya bisa melihat keindahan laut, menikmati berbagai kuliner hasil laut, dan berbagai keramahan warga lokal.

Namun pada moment tertentu, wisatawan bisa berwisata tradisional seperti melihat tradisi selamat laut.

Selamat laut merupakan adat yang di gagas oleh para nelayan setempat. Adat itu sudah menjadi ciri khas tersendiri Desa tersebut.

Adat istiadat yang sudah populer sebagai tujuan wisata itu, sebagai bentuk puji syukur warga setempat atas limpahan rejeki berupa hasil laut. 

Ini menjadi tradisi dan adat istiadat yang terus dilestarikan oleh warga setempat, sebagai promosi wisata alam masyarakat Desa Suak Gual.

Desa ini pula sudah dikenal sebagai Desa Nelayan Maju yang ditetapkan oleh Menteri Kelautan dan Perikanan.

Jika ingin berkunjung ke Desa ini, apabila dari Tanjungpandan kalian bisa menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat menuju Desa Pegantungan, Kecamatan Badau, Kabupaten Belitung.

Jarak tempuh ke Desa Pegantungan antara 20 - 30 menit. Apabila sudah tiba di Desa ini, kalian bisa mendapatkan informasi dari  masyarakat setempat pelabuhan kapal, untuk tujuan Pulau Mendanau atau Kecamatan Selat Nasik.

Disarankan jika ingin berwisata ke tempat ini menggunakan sepeda motor. Kendaraan roda dua itu, bisa dibawa menggunakan transportasi laut menuju ke pelabuhan Petaling, Desa Petaling.

Apabila sudah tiba didaratan Pelabuhan Petaling kalian cukup mengendarai sepeda motor menuju Desa Suak Gual. Jarak tempuhnya sekitar 15 menit, dan kalian akan menikmati keindahan Desa Suak Gual ini.

Nah tunggu apalagi, ayo berwisata ke Desa Suak Gual.

Oh iya sebagai informasi, Desa ini memiliki  luasan sekitar 36 kilometer persegi dan memiliki penduduk 838 jiwa. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved