Ini TIPS Berpuasa Bagi Penderita Hipertensi

Penderita hipertensi harus mengelola penyakitnya agar bisa berpuasa di bulan Ramadan tanpa mengalami kesulitan berarti.

Ini TIPS Berpuasa Bagi Penderita Hipertensi
waroengsehat.com
Ilustrasi puasa

POSBELITUNG.COM - Berpuasa di bulan Ramadan merupakan kewajiban bagi setiap umat muslim.

Selain keistimewaan dari sisi pahala, puasa juga berdampak positif bagi kesehatan. Bagi kamu penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi yang ingin berpuasa pada Ramadhan tidak perlu khawatir.

Pada prinsipnya, tidak ada masalah bagi penderita hipertensi untuk berpuasa, selama tekanan darahnya terkendali dan penderita meminum obat secara teratur.

Saat ini sudah banyak obat yang bisa diminum cukup satu kali dalam sehari, yang bisa diminum saat sahur atau berbuka.

Penderita hipertensi harus mengelola penyakitnya agar bisa berpuasa di bulan Ramadan tanpa mengalami kesulitan berarti. Ahli kardiologi dari Aster Clinic, Al Muteena (DMPC) di Dubai, Dr Srinivasan Ravindranath mengungkapkan tak ada cara permanen untuk menyembuhkan hipertensi, namun gejalanya bisa Anda cegah agar tak semakin parah.

Tips Berpuasa Bagi Seorang Penderita Hipertensi, sehingga tidak perlu khawatir saat menjalankan ibadah berpuasa. Hal yang perlu diperhatikan diantaranya adalah :

- Berbuka dengan menu sehat

Berbuka dan sahur dengan menu full sayuran. Jangan dulu mengonsumsi makanan bersantan, dan daging merah. Sebaiknya ganti dengan ikan atau ayam yang rendah kolesterol.

- Hindari mengkonsumsi garam berlebih

Hindari dalam mengkonsumsi makanan yang mengandung garam berlebih, makanan yang sudah melalui proses pengawetan, makanan kaleng serta makanan cepat saji. Seperti ikan asin, makanan fermentasi, dan sebagainya.

- Hentikan kebiasaan minum kopi dan teh manis

Ketika sahur atau buka puasa, jangan dulu minum kopi, atau teh terlalu manis. Ganti dengan jus buah, atau jus sayuran.

- Konsumsi buah dan sayur

Perbanyaklah untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung zat kalsium karena mampu untuk menurunkan tekanan darah Anda. Zat kalsium juga dapat Anda peroleh dengan cara mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran.

- Rutin olahraga

Biarpun puasa, olah raga tetap jalan terus. Olahraga bagi penderita hipertensi dapat menghindari serangan stroke, serangan jantung. Serta membuat jantung lebih sehat.lakukan olahraga rutin dan teratur minimal 30 menit. Jenis olahraga tak perlu yang berat, cukup dengan yang ringan seperti jalan kaki dan juga bersepeda.

Editor: edy yusmanto
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved