Setya Novanto dan Metro TV Akhirnya Berdamai di Dewan Pers

Setya Novanto dan manajemen Metro TV sepakat berdamai terkait sengketa pemberitaan yang dilaporkan ke Dewan Pers.

Setya Novanto dan Metro TV Akhirnya Berdamai di Dewan Pers
KOMPAS.com/IHSANUDDIN
Mantan Ketua DPR Setya Novanto berbicara kepada wartawan seusai menyampaikan pidato pengunduran dirinya di rapat paripurna DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (18/12/2015). 

POSBELITUNG.COM, JAKARTA - Mantan Ketua DPR Setya Novanto dan manajemen Metro TV sepakat berdamai terkait sengketa pemberitaan yang dilaporkan ke Dewan Pers.

Hal itu tercantum dalam dua lembaran bertajuk "Risalah Penyelesaian Pengaduan Setya Novanto terhadap Metro TV dan metrotvnews.com", Jumat (18/12/2015).

Berdasarkan salinan surat itu, Dewan Pers telah memeriksa seluruh produk jurnalistik Metro TV dan metrotvnews.com. Pihak Novanto menganggap berita di dua media itu mencemarkan dan berisi fitnah kepada dirinya.

Dewan Pers pun menganggap berita itu sudah memenuhi standar dan tidak melanggar kode etik jurnalistik.

Dewan Pers hanya mempersoalkan satu berita dari metrotvnews.com yang dianggap memerlukan konfirmasi subyek berita.

Berita itu berjudul "Mata Setnov Berkaca-kaca Jelaskan Kasus Pencatutan Nama Presiden" yang ditayangkan pada 17 November 2015 pukul 10.28 WIB.

Tiga poin

Atas dasar penilaian Dewan Pers, baik pihak Novanto atau Metro TV menyepakati tiga poin.

Pertama, Metro TV wajib melayani hak jawab pihak Novanto secara proporsional. Kedua, hak jawab Novanto harus disampaikan paling lambat 14 hari setelah ditandatanganinya risalah.

Ketiga, pihak Novanto dan Metro TV sepakat menyelesaikan persoalan ini di Dewan Pers dan tidak membawa ke jalur hukum, kecuali kesepakatan ini tidak dilaksanakan.

Halaman
123
Editor: edy yusmanto
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved