Breaking News:

Gerhana Matahari Total

Olipier Paling Cantik Saat GMT

Wilayah di Kabupaten Belitung Timur (Beltim) menjadi wilayah yang strategis untuk menyaksikan momen Gerhana Matahari Total (GMT) 2016.

Penulis: Dedi Qurniawan |
Pos Belitung/Dedi Qurniawan
Olipier. 

MANGGAR, POS BELITUNG - Wilayah di Kabupaten Belitung Timur (Beltim) menjadi wilayah yang strategis untuk menyaksikan momen Gerhana Matahari Total (GMT) 2016.

Pantai Olipier di Manggar menjadi titik strategis yang paling menawan bagi fotografer yang ingin mengabadikan GMT lewat latar pemandangan jembatan Olipier.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Beltim, Helly Tjandra mengungkapkan sebanyak empat titik di Kecamatan Manggar dan satu titik di Kecamatan Damar dinyatakan sebagai titik strategis untuk menyaksikan GMT 2016 di Beltim pada 9 Maret 2016.

Titik di Kecamatan Manggar adalah Bukit Samak (A1), Pantai Olipier, Pulau Buku Limau, Pantai Serdang. Sedangkan satu titik lagi, Pantai Tambak di Kecamatan Damar.

Ia mengatakan provokasi alam dan kepentingan fotografer menjadi pertimbangan lima titik itu dianggap strategis. Pulau Buku Limau dianggap titik paling strategis dari titik yang lainnya.

Provokasi cuaca di pulau ini menjadi alasannya.

"Provokasinya terbuka, langitnya telanjang bulat. Sebenarnya pengamatan yang paling tepat itu tidak disebutkan tempatnya. Hanya kriterianya. Lembaga Penerbangan dan Antariksa (LAPAN) sendiri tidak bisa menentukan sebenarnya di mana titik strategis pengamatan itu. Hanya dikatakan provokasinya terbuka. Tidak ada hambatan misalnya pohon pohon atau sesuatu yang menghadang," beber Helly ditemui Pos Belitung di ruang kerjanya, Kamis (7/1).

"Kalau (provokasi) terbuka itu sudah pasti pulau. Pasti bagus provokasinya," ucapnya lagi.

Sedangkan untuk kepentingan fotografer, Helly lebih menyarankan Pantai Olipier di Kecamatan Manggar, menjadi latar pemandangan paling cantik bagi fotografer.

Menurut dia, para fotografer memerlukan momen dan background. Jembatan Olipier latar pemandangan menawan yang dimaksud.

Halaman
123
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved