Breaking News:

Pantai Lalang Jadi Pusat Pengamatan GMT di Belitung Timur

Pantai Nyiur Melambai atau dikenal sebutan Pantai Lalang, di Desa Lalang, Manggar menjadi pusat pengamatan Gerhana Matahari Total (GMT) di Beltim

Editor: Rusmiadi
Pantai Lalang Jadi Pusat Pengamatan GMT di Belitung Timur
Istimewa
Pantai Nyiur Melambai, Desa Lalang, Manggar

POSBELITUNG.COM , MANGGAR - Pantai Nyiur Melambai atau kerap disebut juga Pantai Lalang di Kecamatan Manggar, menjadi pusat pemantauan Gerhana Matahari Total (GMT) di Kabupaten Beltim.
Penetapan ini merupakan hasil rapat lintas satuan kerja perangkat daerah terkait kesiapan Beltim menyambut GMT 2016. Rapat yang berlangsung di ruang rapat Sekda Beltim itu dipimpin Bupati Yuslih Ihza, dihadiri perwakilan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) serta instansi terkait lainnya.
"Untuk nonton bareng itu di Pantai Nyiur Melambai," kata Kadisbudpar Beltim Helly Tjandra kepada posbelitung.com, Selasa (23/2/2016).
Selain itu, Helly juga merinci sejumlah kegiatan jelang GMT 2016 di Kabupaten Beltim. Kegiatan tersebut terbagi menjadi pra, GMT, dan pasca. Pada tanggal 8 Februari misalnya, akan ada orkestra melayu. Lalu, pada 9 Februari akan ada Salat Gerhana yang dilanjutkan nonton bareng.
Sementara pada pasca-GMT akan ada festival bahari lomba kater dan memancing bebulus.
"Di Sungai Lenggang, itu ada Festival Bejungkong. Itu dalam rangka meramaikan GMT juga," katanya.
Pemilihan Pantai Nyiur Melambai sebagai pusat pemantauan GMT diketahui baru diputuskan. Sebelumnya, Disbudpar Beltim menyatakan pusat pemantauan akan dilakukan di akwasan Bukit Samak.
"Ini usulan yang masuk terakhir berdasarkan audiensi dengan Pak Bupati. Jadi kami tarik sebagai bagian dari rentetan acara juga. Di Bukit Samak itu berubah, dari peninjauan Kemenpar juga itu terlalu sempit dan tidak bisa untuk orang ramai," katanya.
"Untuk fotografer masih difokuskan di Sengaran dan Oliepier. Jadi ada tiga titik, untuk nonton barengnya di Nyiur Melambai," ucap Helly lagi.
Helly mengatakan, kegiatan meramaikan momen GMT 2016 di Kabupaten Beltim ini merupakan bagian dari kesiapan Beltim yang sudah berancang-ancang sejak Februari tahun lalu.
"Beltim siap menyongsong GMT 2016. Kepanitiaan sudah fix, ketua umumnya Sekda, dan ketua pelaksananya asisten 1," ucap Helly.

Bupati Beltim Yuslih Ihza memimpin rapat pertemuan dengan SKPD Beltim, dalam persiapan GMT di Kabupaten Beltim

Sementara itu Bupati Beltim Yuslih Ihza mengatakan, momen merupakan momen yang tepat untuk ajang promosi wisata. Karena itu Pemkab Beltim mempersiapkannya secara matang dengan menggelar berbagai kegiatan serta mengundang seluruh masyarakat untuk menyaksikan GMT, di antaranya mengenai logistik.
"Ini momen yang tepat untuk ajang promosi wisata. Jadi dalam SK persiapan GMT Beltim yang dibentuk tersebut saya minta diinventarisir SKPD sesuai tugasnya. Jangan ada uraian tugas tapi tidak dilaksanakan," kata Yuslih
Yuslih berharap, masing-masing SKPD mempunyai tugas dan tanggung jawabnya, seperti urusan transportasi kendaraan, tenda, snack untuk tamu dan lainnya. (m3)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved