Breaking News:

TIPS Menjaga 'Mr P' Tetap Sehat

Jangan lupa untuk membersihkan kantong buah zakar dengan teliti. Sebab, bagian ini memiliki kerutan yang berpotensi menyimpan kotoran.

Editor: Edy Yusmanto
kompas.com
Ilustrasi lelaki 

POSBELITUNG.COM - Menjaga kebersihan penis tak hanya menguntungkan pria, tapi juga pasangannya. Sayangnya, masih banyak pria yang lalai akan kebersihan alat kelaminnya tersebut.

Suka atau tidak, area selangkangan adalah daerah yang lembab dan rawan berkeringat. Jika malas membersihkannya, keringat dan kotoran akan menumpuk.

Kondisi ini amat disukai bakteri. Jika dibiarkan, tinggal menunggu waktu sampai masalah dengan kesehatan seputar selangkangan muncul, termasuk penis.

Yang paling sederhana adalah rasa gatal. Sensasi ini tentu tak menyenangkan, apalagi jika mendadak muncul di tengah acara ataumeeting penting.

Rasa gatal ini jika digaruk justru bisa bertambah parah. Bahkan, bisa melukai kulit penis dan menyebabkan iritasi.

Untuk itu, kaum pria hendaknya peduli pada kebersihan organ kelamin. Berikut beberapa hal yang penting diperhatikan menyangkut kebersihan Mr. P :

Awas smegma

Smegma sejatinya adalah pelumas alami yang menjaga kelembaban penis. Tapi, jika penis jarang dibersihkan, smegma akan menumpuk dan menjadi sarang bakteri. Hal ini bisa menimbulkan rasa gatal, pembengkakan, dan kemerahan pada penis.

Bagi pria yang belum disunat, kulup merupakan tempat yang harus diperhatikan. Sebab smegma banyak ditemukan pada kepala penis dan di bawah kulup.

Jadi, jangan malas untuk membersihkan daerah kepala penis, terutama kulup.

Halaman
123
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved