Breaking News:

Ini Muslim, Seorang Nelayan yang Lega Melihat Kapal Isap Tinggalkan Perairan Pering

Kepergian kapal isap produksi (KIP) Kamilah dari perairan Pering, Kelapa Kampit, Kabupaten Belitung Timur (Beltim) melegakan nelayan yang biasa menang

Foto IST
KIP Kamilah yang kini berada di perairan laut Teluk Pering Kecamatan Kelapa Kampit, Belitung Timur. 

POSBELITUNG.COM ‑ Kepergian kapal isap produksi (KIP) Kamilah dari perairan Pering, Kelapa Kampit, Kabupaten Belitung Timur (Beltim) melegakan nelayan yang biasa menangkap ikan di perairan tersebut.

Muslim, nelayan Dusun Aik Sagung, Kelapa Kampit misalnya mengaku lega atas kepergian KIP Kamilah dari laut Pering. Ia menyatakan nelayan dan masyarakat Belitong sudah berkomitmen  menolak semua jenis penambangan laut.

"Ini sudah komitmen pimpinan daerah, nelayan, pelaku wisata, harga mati menolak tambang laut di Pulau Belitong," tegasnya, Senin (1/11).

Anggota Komisi 1 DPRD Kabupaten Belitung Timur (Beltim), Koko Haryanto menegaskan pemerintah daerah sudah berkomitmen untuk meniadakan tambang laut.

Karena itu, Beltim saat ini sudah tidak berbicara soal tambang laut.

Menurutnya, izin usaha pertambangan (IUP) laut bukan merupakan harga mati.

Jika tidak memenuhi prosedur dan kriteria yang ditetapkan, maka IUP bisa dicabut. Atas dasar itu, pihaknya menolak keberadaan kapal isap produksi (KIP) Kamilah di laut Pering, Kelapa Kampit.

Koko menjelaskan KIP Kamilah saat ini mulai dipindahkan dari laut Pering ke laut Mudong, Manggar. Pemindahan ini untuk jarak pendek. Selanjutkan persiapan untuk pelayaran jarak panjang.

"Persiapan pelayaran jarakpanjang ini memang butuh waktu lebih dibanding persiapan pelayaran jarak pendek," jelas Koko.

KIP Kamilah saat ini berada di Mudong atas pertimbangan instruksi Gubernur Babel agar kapal tersebut  meninggalkan lokasi IUP. Keberadaannya di luar IUP, maka KIP Kamilah tidak berada dalam kondisi legal standing untuk beroperasi. (o4)

Baca berita selengkapnya di Harian Pos Belitung edisi cetak Rabu 2 November 2016

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved