Breaking News:

Inilah Penjelasan Tank Leopard Turki Hancur di Suriah

TNI AD mengoperasikan sejumlah tank serupa diluar Leopard 2RI yang telah ditingkatkan kemampuannya.

Editor: Edy Yusmanto
Janes Defence
Tank Leopard. 

POSBELITUNG.COM - Operasi militer Perisai Eufrat yang dilancarkan Turki untuk memukul gerilyawan YPG-Kurdi dan Daesh (ISIS) di dalam wilayah Suriah, menghadapi perlawanan sengit dari keduanya.

Setelah sejumlah tank-tank lawas M60T/ Sabra rontok dihajar ATGM (Anti Tank Guided Missile), Turki memutuskan untuk menurunkan Leopard 2A4 yang dibelinya dari Jerman, yang merupakan MBT generasi paling mutakhir yang dimiliki oleh AD Turki.

TNI AD mengoperasikan sejumlah tank serupa diluar Leopard 2RI yang telah ditingkatkan kemampuannya.

Turki membeli Leopard 2A4 sebagai langkah stop gap sebelum MBT Altay yang dikembangkannya siap memasuki dinas aktif.

Sebelum menjatuhkan pilihan ke macan tutul Jerman, Turki sempat pula mengevaluasi M1A2 Abrams dari General Dynamics Amerika Serikat, Yatagan dari Ukraina dan juga Leclerc dari Perancis.

Sebagai hasilnya 298 unit Leopard 2A4 dibeli bekas dari Jerman pada 2009, berikut transfer teknologi dari pabrikan Krauss Maffei Wegmann.

Hasilnya Turki mampu memodernisasi sistem kendali penembakan tank Jerman tersebut dengan sistem Volkan yang dikembangkannya sendiri, berikut dengan paket peningkatan sistem pertahanan.

Menurunkan Leopard 2A4 ke Suriah bukannya tanpa hambatan. Sesuai perjanjian dengan Jerman, tank-tank tersebut dibeli dengan syarat hanya untuk digunakan dalam pertahanan dalam negeri, bukan untuk operasi ofensif.

Butuh lobi kuat sehingga Jerman mengijinkan penggunaan Leopard 2A4 di wilayah Suriah.

Jumlah yang dikirimkan kurang lebih 1 batalion yang mencakup 60-80 tank. Seluruh tank yang dikirimkan ke Suriah menerima kamuflase baru dengan warna padang pasir, menggantikan warna hijau zaitun yang sebelumnya digunakan.
 

Halaman
123
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved