Breaking News:

Adv Rustam Effendi dan M Irwansyah

Rustam : Jembatan Babel Sumsel Untuk Tekan Harga Sembako Dan Inflasi

Untuk mengatasi tingginya harga sembako dan angka inflasi di Bangka Belitung (Babel), Gubernur non aktif, Rustam Effendi telah memiliki strategi...

Penulis: Evan Saputra |
Rustam : Jembatan Babel Sumsel Untuk Tekan Harga Sembako Dan Inflasi
Ilustrasi Peta Bangka Belitung dan Pulau Sumatera

Laporan wartawan Bangka Pos, Evan Saputra

POSBELITUNG.COM, BANGKA -- Untuk mengatasi tingginya harga sembako dan angka inflasi di Bangka Belitung (Babel), Gubernur non aktif, Rustam Effendi telah memiliki strategi khusus.

Salah satu strategi ini ialah membangun jembatan penghubung antara Babel dengan Sumatra Selatan (Sumsel) sepanjang 13 kilometer. Hal ini diungkapkan Rustam Effendi saat kampanye di Tempilang, Rabu siang (18/1/2017).

Menurut Rustam, harga sembako di Babel relatif lebih mahal ketimbang di tempat lain karena arus keluar-masuk barang ke provinsi ini kurang lancar.

Untuk itu selain mengoptimalkan fungsi pelabuhan yang ada di wilayah ini, calon gubernur nomor urut 2 ini juga memproritaskan pembangunan Jembatan penghubung Babel-Sumsel.‎

Rustam merasa strategi ini akan jauh lebih efektif dan efisen. Kalau jembatan tidak terpengaru dengan cuaca, berbeda dengan pelabuhan jika cuaca tengah buruk maka kapal dengan tonase yang kecil dan sedang tentu saja akan mengalami kendala untuk berlayar sehingga menyebabkan tersendatnya arus keluar masuk barang.

"Coba lihat kalau cuaca di laut lagi buruk, maka sembako pasti naik," tegas Rustam kepada awak media.

Ditambahkan Rustam, keunggulan jalur darat melalui jembatan tentu saja jarak dan waktu tempu lebih singkat. Jika sudah dibangun maka jarak tempu Pulau Bangka tepatnya di Desa Permis ke Selapan Palembang hanya 30 menit.

Dengan adanya jembatan tersebut, tentu biaya angkut atau cost trasportasi barang jelas akan berkurang yang otomatis akan menurnkan harga sembako itu sendiri.

"Ketika harga sembako turun maka tingkat inflasi akan turun karena setau saya penyumbang inflasi tertinggi itu adalah belanja masyarakat. Saya rasa jika pembangunan Jembatan ini sudah selesai, maka harga sembako dan angka inflasi akan dapat di tekan serta bersamaan, ibarat kata sambil menyelam minum air," ucap Rustam.

Calon Gubernur yang berdamping bersama M Irwasyah ini mengatakan kalau dirinya akan melakukan kesepakatan yang tertuang dalam memorandum of understanding (MoU) bersama Gubernur Sumsel Alex Noerdin. Sampai saat ini akan dimulai melaksanakan kegiatan pre-feasibility study (PFS).

"Sudah dianggarkan untuk PSFnya 1,8 Miliar. Saya sangat yakin kalau ini dapat teralisasi, saya juga akan melobi presiden Jokowi untuk membantu proyek ini seperti saya melobi MPP tempo hari. Saya yakin jika ini teralisasi maka banyak sekali masyarakat Bangka Belitung merasakan manfaatnya," ujar Rustam.

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved